Makan Telur Matang Lebih Baik dari Telur Mentah dalam Beberapa Hal

Perbandingan antara telur mentah dan telur matang memang jika dimakan oleh manusia memang kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.  Telur mentah punya kelebihan tersendiri dalam hal-hal tertentu dan begitu pun juga telur yang dimasak matang pun juga punya kelebihannya sendiri dari telur mentah.  Jadi tidak perlu khawatir atau bingung karena keduanya sama-sama menyehatkan jika dikonsumsi secara wajar.

Dari segi rasa tentu saja telur matang memiliki kelebihan daripada rasa telur mentah bagi sebagian besar orang.  Faktanya yaitu adalah warung-warung nasi yang ada di sekitar kita selalu menyajikan berbagai makanan olahan berbahan dasar telur yang sudah matang dan kebanyakan tidak menyajikan telur mentah sebagai salah satu menu yang dipajang di rak makanannya.  Pada umumnya telur yang biasa dijual di warung nasi yaitu seperti semur telur, telur ceplok, telur dadar, telur bulat balado, telur ceplok balado, telur asin, dan lain sebagainya.

Kelebihan / Kebaikan Telur Matang Bagi Kesehatan Manusia

Telur yang dimasak matang jika dikonsumsi memiliki memiliki kelebihan dalam hal protein avidin.  Protein avidin adalah suatu zat yang memiliki fungsi mengikat dan mencegah penyerapan nutrisi penting tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.  Protein avidin terdapat di dalam telur mentah yang dikonsumsi manusia.  Jika seseorang memakan telur yang masih mentah maka hendaknya tidak diselingi dengan makanan lainnya dan perut dalam keadaan kosong agar tidak ada nutrisi yang gagal terserap sistem pencernaan tubuh manusia.

Namun jika telur dimasak maka protein avidin yang ada di dalam telur akan dinonaktifkan.  Dengan begitu maka orang yang makan telur matang akan lebih banyak mendapatkan nutrisi dari makanan yang dimakannya karena sebagian nutrisi penting tidak diikat oleh protein avidin.  Telur matang pun juga bisa bebas dimakan bersama menu makanan lainnya tanpa khawatir kehilangan nutrisi penting selama menu lainnya tidak ada zat yang dapat mencegah penyerapan zat gizi penting seperti sayur bayam yang sudah matang lebih dari 5 jam, teh dengan makanan yang mengandung zat besi, dan lain sebagainya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Makan Telur Matang Lebih Baik dari Telur Mentah dalam Beberapa Hal"

Poskan Komentar