Kondisi Ekstrim di Planet Mars yang Tidak Layak Huni / Ditinggali

Mungkin saat ini banyak orang yang ingin tinggal di planet lain yang ada di luar angkasa.  Salah satu planet terdekat dengan planet bumi yang diperkirakan orang bisa ditinggali manusia di masa depan adalah planet mars.  Planet mars yang berwarna merah memang secara umum dianggap planet yang layak untuk dijadikan tempat tinggal alternatif umat manusia di masa depan dibandingkan dengan planet venus.  Namun masalahnya adalah kondisi di permukaan planet mars tidak seperti yang dibayangkan oleh banyak orang karena jauh lebih ekstrim daripada di planet bumi yang kita tinggali.

Beberapa Kondisi Ekstrim di Planet Mars yang Berbahaya Bagi Manusia :

1. Atmosfir Planet Mars yag Tipis

Tipisnya lapisan atmosfir di planet mars menyebabkan radiasi matahari mudah masuk hingga ke permukaan planet mars.  Hal ini tentu merupakan sesuatu hal yang sangat berbahaya bagi manusia karena radiasi cahaya matahari yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan penyakit yang serius bagi manusia.  Diperkirakan di masa lalu planet mars memiliki atmosfer yang tebal, namun karena radiasi matahari yang terlalu kuat akhirnya atmosfer mars menjadi tipis.  Tipisnya atmosfer mars dan juga tidak adanya medan magnet global menyebabkan pertahanan planet mars akan serangan kejatuhan meteor dan benda antariksa lainnya juga menjadi sangat lemah.

2. Suhu Temperatur Udara yang Ekstrim

Suhu rata-rata di permukaan planet mars adalah -60 derajat celcius.  Suhu yang sangat dingin tersebut sudah tentu akan membuat manusia sulit beraktivitas di permukaan planet mars tanpa pakaian khusus yang melindungi dari suhu udara ekstrim.  Belum lagi jika sedang musim panas suhu udaranya bisa meningkat tajam menjadi sekitar 68 derajat celcius.

3. Sering Mengalami Badai Debu Hebat

Karena planet mars memiliki perbedaan yang cukup besar antara satu tempat dengan tempat yang lain maka pergerakan angin besar pun tidak terelakkan.  Planet mars sering dilanda badai debu yang berlangsung berhari-hari lamanya yang berlaku secara umum di seluruh tempat di planet mars.

4. Kesulitan Air Bersih

Untuk mendapatkan air bersih di planet mars tidaklah mudah seperti kita mendapatkan air bersih di planet bumi.  Kondisi planet mars yang pada umumnya merupakan gurun kering yang tandus dan bersuhu dingin menyebabkan kemungkinan air hanya bisa ditemukan dalam bentuk beku di daerah-daerah tertentu saja.  Jika untuk mendapatkan air saja sulit bukan kepalang maka untuk bercocok tanam dan beternak sudah tentu sangat sulit.  Walhasil manusia akan menemukan kendala besar dalam memenuhi kebutuhan makan dan minum sehari-hari seperti di planet bumi.

-----

Selain dari kondisi ekstrim yang terjadi di planet mars, jarak yang sangat jauh pun juga menjadi kendala bagi manusia untuk bisa mencapai planet mars.  Pada tahun 2012 yang lalu manusia telah berhasil mendaratkan berbagai peralatan penelitian canggih di planet mars.  Peralatan canggih tersebut ditebangkan dari planet bumi pada tanggal 26 november 2011 dan sampai di planet mars pada tanggal 6 agustus 2012.  Itu berarti dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar delapan bulan lebih untuk mencapai mars dari bumi yang jaraknya kurang lebih sekitar 563 juta kilometer.  Dengan teknologi yang sudah canggih saja dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mengirim pesan atau perintah sederhana dari planet bumi ke planet mars.

Kesimpulannya adalah pada saat ini situasi dan kondisi yang ada di planet mars belum mendukung kehidupan seperti kehidupan yang ada di bumi saat ini.  Ada banyak hal yang harus dikondisikan di planet mars agar bisa ditinggali atau dihuni oleh manusia.  Setidaknya dibutuhkan suatu ruangan tertutup di bawah tanah permukaan mars yang memiliki fasilitas lengkap agar manusia bisa hidup dengan aman dan tentram di dalamnya.  Entah sampai kapan kita harus menunggu, hanya Allah SWT yang tahu jawabannya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Kondisi Ekstrim di Planet Mars yang Tidak Layak Huni / Ditinggali"

Poskan Komentar