Air yang Rasanya Paling Asin di Dunia (Alami)

Di daerah antarktika yang suhunya sangat dingin sekali terdapat sebuah danau kecil yang sangat spesial.  Danau ini memiliki air permukaan yang jika kita minum airnya maka kita akan merasakan keasinan yang amat sangat.  Danau yang punya air yang paling asin di dunia yang terjadi secara alami tersebut bernama danau don juan atau kolam don juan.  Danau don juan panjangnya hanya 300 meter saja dengan lebar 100 meter.  Walau pun kecil namun tingkat salinitas kadar garamnya sekitar 40% sehingga menjadi air permukaan tanah terasin di dunia.

Kadar garam yang sangat tinggi tersebut disebabkan oleh kandungan deposit klorida yang ada di sekitar danau menyerap air yang ada di udara ketika kelembapan udara sedang tinggi.  Setelah terserap dalam jumlah yang besar maka air dan garam akan bergerak menuju daerah yang lebih rendah dan akhirnya berkumpul menjadi satu di satu titik membentuk danau.  Selain itu danau don juan juga mendapatkan sumbangan air dari lelehan salju yang juga membawa garam.  Sedikit demi sedikit akhirnya air di danau don juan rasanya menjadi sangat asin sekali.

Tingkat rasa asin yang sangat tinggi di danau don juan diperkirakan tingkat keasinannya delapan kali dari tingkat keasinan di laut mati di negara Palestina dan Yordania.  Uniknya danau ini akan memperlihatkan corak gelap pada permukaannya ketika garam dan uap air di udara bergabung menjadi satu.  Menurut para ahli, danau semacam ini juga terdapat di permukaan planet mars yang tandus.  Selain laut mati dan kolam don juan masih ada air permukaan alami lain yang rasanya tidak kalah asin, yaitu laguna garabogazkol di negara Turkmenistan dan danau assal di negara Djibouti.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Air yang Rasanya Paling Asin di Dunia (Alami)"

Poskan Komentar