Alasan Penyebab Planet Mars Berwarna Merah

Jika kita melihat penampakan planet mars dari bumi maka kita akan melihat planet yang berwarna merah.  Hal ini tentu sangat jauh berbeda dengan warna planet kita yang berwarna biru.  Warna biru yang diperlihatkan oleh planet bumi dari luar angkasa disebabkan oleh dominasi warna air laut yang terlihat berwarna biru, walaupun diselingi oleh warna awan yang putih dan juga warna permukaan daratan bumi yang berwarna hijau atau coklat cerah.

Lalu kenapa planet mars warnanya merah yang sangat jauh berbeda dengan warna planet kita yang berwarna biru?  Warna merah pada planet mars disebabkan oleh debu yang berwarna kemerah-merahan yang menyelimuti permukaan mars dalam jumlah yang sangat banyak.  Kandungan besi yang berkarat akibat proses oksidasi pada debu-debuan di planet mars menyebabkan warna debu mars menjadi berwarna kemerah-merahan.  Karena debunya tersebar ke mana-mana di segala penjuru planet maka planet mars secara umum menjadi terlihat berwarna kemerah-merahan.

Menurut prediksi para ahli menyatakan bahwa ada kemungkinan bahwa dulunya planet mars berwarna abu-abu.  Warna abu-abu pada planet mars bisa saja pernah terjadi di masa lalu ketika serbuk besi yang bercampur pada debu permukaan planet mars belum banyak mengalami oksidasi menjadi karat.  Jika para ilmuwan berhasil mengungkap sejarah lapisan batuan di planet mars mungkin di masa depan kita bisa mengetahui kondisi planet mars di masa lalu.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Alasan Penyebab Planet Mars Berwarna Merah"

Poskan Komentar