Manfaat Keuntungan Memilih Olahraga Jalan Kaki Cepat Bagi Kesehatan Manusia

Jalan kaki mungkin tidak dianggap sebagai olahraga bagi sebagian besar orang. Namun sebenarnya jalan kaki juga dapat mengolah raga kita tidak berbeda dengan olah raga lainnya. Bahkan jalan kaki cepat juga ada lomba dan kejuaraannya yang diakui oleh dunia internasional dalam cabang olahraga jalan cepat. Mari kita lihat apa saja keunggulan olahraga jalan kaki dibandingkan dengan olahraga lainnya.

1. Mudah Untuk Dilakukan

Jalan adalah salah satu gerakan dasar yang dapat dilakukan oleh semua orang yang normal. Jadi tidak perlu suatu kemampuan khusus untuk bisa melakukan olahraga jalan kaki. Baik tua maupun muda semua bisa melakukan jalan kaki cepat. Jalan kaki bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa peralatan khusus. Biasanya jalan kaki juga tidak membutuhkan biaya yang besar dan bisa dibilang gratis.

2. Menyenangkan Untuk Dikerjakan

Selama kita memilih tepat jalan kaki cepat yang benar, maka bisa membantu kita menghilangkan stress serta dapat menghibur diri kita. Jalan kaki juga tidak menuntut adanya pertandingan dan persaingan sehingga kita tidak perlu tegang dalam menjalaninya. Ajak saja orang-orang yang anda cintai atau sukai untuk melakukan olahraga ini bersama agar jadi lebih seru.

3. Aman Dari Kemungkinan Buruk

Berbeda dengan jenis olahraga yang lain, olahraga jalan kaki cepat tidak memaksa anda untuk melakukan aktivitas di luar batas kemampuan anda. Olahraga ini juga termasuk aman dari ancaman kematian saat menjalankannya. Hindari jalan kaki cepat sambil mendengar musik, sambil berteleponan, sambil mengetik tombol handphone, dan kegiatan lain yang menyita konsentrasi anda.

4. Menyehatkan Tubuh Manusia

Jalan kaki cepat bisa menambah asupan oksigen ke seluruh tubuh karena termasuk olahraga aerobik, bisa menurunkan tekanan darah, bisa menurunkan kelebihan berat badan, mempertahankan / memperbaiki getaran otot, memperbaiki sistem peradaran darah, serta yang paling penting yaitu dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung karena dapat menurunkan kadar lemak dalam darah (serum lipids).

------
Tambahan :

Jalan kaki cepat merupakan jalan kaki yang jalannya tidak lambat, akan tetapi cepat, namun tidak secepat olahraga jalan cepat seperti yang dilombakan di event-event olahraga atletik. Cukup jalan kaki seperti biasa dengan kecepatan yang membuat kita agak kesulitan untuk bernyanyi saat melakukan jalan kaki cepat.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Manfaat Keuntungan Memilih Olahraga Jalan Kaki Cepat Bagi Kesehatan Manusia"

Posting Komentar