Memulai Bisnis/Merintis Usaha Sampingan Jangan Keluar Dari Pekerjaan Utama

Jika anda mempunyai niat untuk mengundurkan diri dari pekerjaan anda yang sekarang ini untuk memulai suatu usaha atau bisnis sendiri, sebaiknya anda pikirkan lagi matang-matang apakah keputusan itu sudah tepat atau hanya sebatas emosi sesaat saja. Keluar dari pekerjaan yang menafkahi diri anda beserta keluarga bukan keputusan yang biasa, namun sesuatu yang rumit dan butuh dipikirkan berkali-kali berbagai resiko yang akan diterima.

Menurut pendapat saya pribadi, tidak ada salahnya merintis suatu usaha sambil tetap bekerja di tempat yang sekarang. Jika terjadi sesuatu pada bisnis yang baru dimulai anda sekeluarga masih bisa bertahan dengan pekerjaan di tempat lama. Menjalankan bisnis tidak perlu 100% penuh anda terjun ke dalamnya, namun kita bisa serahkan sebagian kepada orang yang bisa kita percaya (tidak harus keluarga).

Beberapa Alasan Kenapa Kita Harus Tetap Bekerja di Kantor Lama Selama Memulai Suatu Wirausaha :

1. Antisipasi Kegagalan

Tidak ada manusia yang tahu apa yang akan terjad di masa depan. Walaupun saat ini bisnis anda sedang berkembang pesat, namun bisa saja terpuruk tiba-tiba tanpa kita tahu apa penyebabnya. Yang pasti anda bisa stres dan depresi jika menghadapi kondisi sulit, di mana anda kehilangan sumber penghasilan dari bisnis anda tanpa ada pemasukan yang lainnya. Tidak hanya anda, namun anggota keluarga yang lain juga bisa menjadi korban atas kegagalan anda.

2. Menggali Ilmu di Perusahaan Milik Orang Lain

Selama kita bekerja di kantor orang lain, maka kita berhak belajar mencari pengalaman sebanyak mungkin. Tidak sebatas hanya ilmu di kantor itu saja, namun juga ilmu yang bisa kita dapatkan dari semua orang yang kita kenal di lingkungan kerja kita. Kita bisa menggali informasi dan belajar dari pengalaman bisnis / usaha rekan kerja, client, atasan, pengusaha kantin, sampai ke tukang parkir. Semakin banyak kita bergaul, maka semakin banyak kita bisa mendapatkan ilmu yang bisa jadi sangat berharga dan tidak bisa kita dapatkan di tempat lainnya.

3. Butuh Waktu Karena Tidak Instan

Bisa jadi bisnis yang anda buka nanti tidak langsung berkembang, di mana butuh waktu hingga bertahun-tahun lamanya hingga memperlihatkan hasil seperti yang anda inginkan. Selama masa menunggu itu alangkah baiknya tetap bertahan bekerja di tempat kerja anda sekarang, dengan begitu anda bisa mendapatkan modal tambahan untuk mempertahankan atau mengembangkan bisnis yang anda rintis.

4. Tidak Bergantung di Satu Usaha/Bisnis

Jangan menggantungkan nasib kita di satu bisnis usaha saja. Anda harus mendiversifikasikan usaha anda dengan membuka usaha lain di jenis yang berbeda-beda. Jadi apabila bisnis yang satu jeblok bisa ditutup dari bisnis yang lain (subsidi silang). Anda tetap memegang kontrol atas bisnis anda, namun jangan full 100% dari mulai a sampai z anda yang mengatur. Serahkan kepada orang ahli yang anda percaya. Saat ada suatu hal yang sulit untuk dipecahkan orang-orang kepercayaan anda, barulah anda turun tangan untuk membantu menyelesaikan masalah. Ibarat kata, dengan menaruh telur di banyak kerangjang maka apabila keranjang yang satu jatuh masih banyak telur yang selamat dari pecah.

5. Menghindari Kesombongan dan Ketidakdisiplinan

Dengan perubahan status dari anak buah di kantor lama menjadi bos besar pada perusahaan anda sendiri bisa membuat anda menjadi kaku, keras, sombong, angkuh, malas, sibuk, kurang bergaul, dan lain sebagainya. Dengan tetap bekerja di kantor lama, maka kita bisa merasakan sebagai anak buah sekaligus menjadi orang nomor satu di perusahaan. Dengan demikian maka anda bisa menjadi pemimpin yang baik bagi anak buah anda di perusahaan anda.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Kantor

Menjadi bos pada usaha maju yang dirintis sendiri merupakan suatu kebanggaan tersendiri yang dapat berpengaruh pada kepercayaan diri dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa menjadi lebih percaya diri di kantor, tidak mudah gelisah ketika menemui suatu permasalahan, rasa takut pada atasan berkurang, bekerja dirasakan sebagai sesuatu yang biasa-biasa saja, tidak ngoyo untuk mendapatkan materi dan jabatan dari kantor, dan masih banyak lagi efek pengaruh positif dari bekerja sambil berbisnis.

Sekian terima kasih atas kunjungan anda, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kekurangan atau kesalahan. Silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Memulai Bisnis/Merintis Usaha Sampingan Jangan Keluar Dari Pekerjaan Utama"

Posting Komentar