Mewaspadai Penawaran Kavling Tanah Murah Untuk Rumah

Jika ada yang menawarkan harga kavling tanah murah untuk tempat tinggal atau investasi properti maka anda harus mewaspadainya dan mempertimbangkannya masak-masak sebelum membuat suatu keputusan.  Jangan hanya karena ikut-ikutan anda akan menjadi korban dan pada akhirnya menyesal tiada berkesudahan.

Beberapa Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memutuskan Membeli Kavling Tanah Murah :

1. Butuh Waktu untuk Tumbuh

Kavling tanah adalah sekumpulan lahan tanah yang dapat dibangun bangunan sesuai dengan peruntukan lahan tanah tersebut.  Jika ada banyak kavling tanah pada suatu tempat belum terbangun, maka itu berarti para pemiliknya mungkin belum memiliki dana yang cukup untuk membangun rumah, menunggu hingga ada banyak rumah dibangun, atau hanya sekedar membeli untuk dibiarkan begitu saja hingga harganya naik signifikan dari harga belinya.

Jika yang membeli kavling kebanyakan adalah orang yang berasal dari golongan menengah ke bawah, maka kemungkinan akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menjadikan kompleks perumahan kavling tanah tersebut hidup dengan banyaknya rumah yang dibangun dan banyaknya orang yang tinggal di kawasan tersebut.

Jika yang membeli kavling kebanyakan adalah investor, maka kemungkinan besar kavling tanah akan sepi dari pembangunan jangka pendek.  Investor akan menunggu hingga saat yang tepat untuk menjual kavling yang dimilikinya atau membangun rumah untuk dirinya sendiri.  Walhasil dalam jangka waktu pendek, kawasan kavling tanah tersebut pun sepi penduduknya sehingga mengurangi minat orang untuk mau membeli atau membangun di tempat tersebut.  Sepinya penduduk akan membuat kegiatan bisnis di tempat tersebut menjadi kurang menguntungkan, sehingga kawasan tersebut akan jarang berdiri toko, rumah makan, sekolah, klinik, dan lain sebagainya.

2. Efek Psikologis Marketing (Pemasaran)

Teknik penjualan yang begitu mempesona calon pembelinya terkadang membuat kita kehilangan akal sehat dalam membeli suatu properti.  Berbagai iming-iming dan janji ditawarkan kepada konsumen beserta impian-impian yang mungkin bisa terjadi jika memiliki properti di tempat tersebut.  Padahal hal tersebut belum tentu terjadi.  Suatu daerah yang baru dibangun sulit untuk dibayangkan atau diprediksi akan menjadi seperti apa tempat tersebut nantinya.  

Angka penjualan yang spektakuler sehingga membuat properti kavling tanah yang ditawarkan cepat ludes terjual bukalah ukuran bahwa perumahan itu akan berubah dari yang semula berupa tanah kosong menjadi sesuatu yang sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan oleh pengembang.  Kavling tanah hanyalah sebidang tanah kosong yang butuh banyak langkah lebih lanjut untuk mengubahnya menjadi bangunan terbangun dengan penghuni di dalamnya.

Harga kavling tanah yang sangat murah meriah mungkin akan menarik banyak orang untuk iseng-iseng membelinya.  Iseng siapa tahu harganya bisa naik dengan cepat dan bisa dijual kembali dengan keuntungan yang besar.  Iseng karena berandai-andai kawasan kavling tanah tersebuat akan menjadi sesuatu yang luar biasa wah.  Jika hal ini terjadi maka akan ada banyak kavling tanah yang tidak dibangun yang pada akhirnya membuat kawasan tersebut tidak berkembang sesuai harapan.

3. Lokasi Kavling Tanah

Jaraknya yang luar biasa jauh dari kota besar serta berada di tempat yang agak terpencil menyebabkan pengembang dapat menjual kavling tanah dengan harga yang sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat.  Hal ini tentu saja perlu dipertimbangkan karena jika kita membeli rumah sederhana yang tidak terlalu jauh dari kantor mungkin biayanya tidak jauh berbeda dari membeli kavling tanah dan membangun properti di atas kavling tanah tersebut.

Jika jarak antara tempat kerja (kantor) ke tampat kavling tanah berada jaraknya sangat jauh hal tersebut tentu saja harus menjadi bahan pertimbangan yang sangat penting.  Jangan sampai baru beberapa hari mencoba pulang pergi dari rumah ke kantor anda sudah kecewa.  Kondisi jalan pada saat hari kerja yang padat tentu jauh berbeda dengan kondisi jalan pada saat dilakukan survey lihat lokasi kavling tanah murah.  Tidak hanya diri kita saja yang nantinya rugi karena harus banyak berkorban waktu, tenaga, pikiran, perasaan dan uang di jalan raya, namaun juga anggota keluarga kita yang lainnya juga bisa turut menjadi korban dari pengambilan keputusan yang tidak tepat.

---

Itulah beberapa hal yang patut kita pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli suatu kavling tanah murah atau tidak.  Semoga menjadi sesuatu yang beguna untuk kita semua.  Pikirkanlah sesuatu masak-masak sebelum dikerjakan agar tidak menyesal di kemudian hari.  Sesal di kemudian hari tidak ada gunanya.  Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Mewaspadai Penawaran Kavling Tanah Murah Untuk Rumah"

Poskan Komentar