Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berjalan di Jalanan Umum

Jalan kaki adalah salah satu cara manusia untuk berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain.  Aktivitas jalan kaki bisa dilakukan di mana saja, baik di tempat yang ramai maupun di tempat yang sepi.  Pada saat berjalan kaki di tempat umum di mana ada banyak orang, maka seseorang harus berusaha berjalan dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama.  Ada banyak kecelakaan yang terjadi pada pejalan kaki akibat dari perilaku jalan kaki yang tidak baik.

Ketika sedang berjalan kaki, seseorang harus berhati-hati.  Di mana pun kita berada, hendaknya selalu waspada akan bahaya yang mungkin ada.  Jangan sampai lengah dan terlalu percaya diri sehingga menjadi korban dari kekuranghati-hatian diri sendiri.  Begitu pun dengan orang lain yang berjalan bersama kita.  Kita juga harus turut menjaga orang yang berjalan bersama dengan diri kita demi kebaikan bersama.

Hal-Hal yang Dilarang Dilakukan Ketika Sedang Jalan Kaki :

1. Melamun

Orang yang sedang berjalan membutuhkan konsentrasi yang optimal.  Dengan begitu kegiatan berjalan kaki sebaiknya dilakukan dalam keadaan sadar secara penuh.  Jika seseorang jalan di jalan umum sambil melamun maka orang tersebut dapat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, seperti salah mengambil jalan, tersandung batu, menginjak sesuatu yang tidak patut diinjak, terperosok, menabrak sesuatu, dan lain sebagainya.

2. Mendengarkan Musik

Mendengar musik sambil berjalan adalah suatu perbuatan yang tidak baik untuk dilakukan.  Musik dapat mempengaruhi pikiran seseorang sehingga bisa membuat seseorang kurang konsentrasi di jalan.  Terlebih lagi jika acara dengar musik dilakukan dengan suara volume yang kencang sehingga tidak mampu mendengar suara-suara penting yang datang dari lingkungan sekitarnya.

3. Berteleponan / SMSan

Saat sedang berjalan kaki sebaiknya mata kita tidak tertuju pada hal-hal di luar pandangan ke arah kita berjalan.  Jika seseorang sedang membuat sms sambil berjalan maka orang tersebut akan mengalami defisit konsentrasi.  Begitu pun dengan aktivitas bertelepon sambil berjalan.  Seseorang hendaknya tetap diam di tempat yang aman saat sedang melakukan teleponan atau smsan demi kebaikan dirinya sendiri.

4. Membaca

Berjalan kaki sambil membaca merupakan perbuatan yang tidak baik.  Selain mata akan sulit untuk melihat ke arah jalan, konsentrasi pun akan tersita pada bacaan yang sedang dibaca.  Namun jika untuk membaca pesan singkat yang tidak membutuhkan banyak waktu masih diperbolehkan selama siatuasi dan kondisi yang ada memungkinkan.

5. Tidak Memperhatikan Jalan

Saat berjalan ada baiknya untuk selalu memperhatikan jalan yang akan ditempuh.  Hindari melihat ke arah lain terlalu lama karena bisa menyebabkan berbagai hal yang tidak diinginkan.  Jika tidak memperhatikan jalan dengan baik seseorang bisa mendapatkan masalah yang belum tentu bisa diselesaikan dengan mudah dan cepat.

6. Makan dan Minum

Makan minum sambil berdiri adalah suatu perbuatan yang tidak baik.  Terlebih lagi jika kegiatan makan dan minum dilakukan sambil berjalan.  Sudah pasti akan jauh tidak baik.  Sebaiknya makan dan minum dilakukan sambil duduk di tempat yang baik.  Mengkonsumsi makanan dan minuman sambil jalan dapat membuat makanan dan minuman yang dikonsumsi jatuh berantakan serta membuat makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi kurang nikmat rasanya.

Itulah beberapa hal yang dapat saya sampaikan mengenai aktivitas / pekerjaan yang tidak boleh dilakukan saat sedang jalan kaki.  Mudah-mudahan bisa memberikan kebaikan yang optimal kepada kita semua.  Mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan, terima kasih atas perhatian anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berjalan di Jalanan Umum"

Poskan Komentar