Minum Susu Bisa Membuat Gigi Menjadi Rusak Parah

Efek atau dampak susu bagi kesehatan ternyata tidak selamanya bersifat positif.  Minum susu ternyata bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi orang yang meminumnya walaupun diminum secara wajar, tidak berlebihan dan tidak mengandung zat-zat yang merusak kesehatan.  Fakta yang ditemukan di lapangan adalah minum susu bisa merusak gigi orang yang mengkonsumsinya jika cara minumnya tidak dilakukan dengan baik dan benar.

Minum susu bisa membuat rusak gigi jika susu diminum di malam hari dan dibiarkan tersisa di mulut sebelum tidur panjang di malam hari.  Mengapa bisa demikian?  Karena pada saat kita tidur tubuh kita tidak banyak memproduksi air liur atau saliva.  Ketika air liur hanya ada sedikit saja di rongga mulut, maka perkembangan bakteri menjadi tidak terkendali sehingga menyebabkan lingkungan rongga mulut menjadi asam.  Sisa susu di mulut yang pada awalnya biasa-biasa saja diubah menjadi susu yang asam dan penuh dengan bakteri perusak gigi.

Jika sering terjadi perubahan keasaman mulut yang dipicu oleh sisa susu yang diminum sebelum tidur, maka lama kelamaan gigi bisa ikut terpengaruh akibat dari terpapar zat asam yang berasal dari susu yang diasamkan oleh bakteri.  Jika kondisi gigi sudah tidak baik lagi akhirnya pada gigi akan terbentuk karies gigi atau lubang pada gigi.  Jika lubang sudah parah kondisinya maka sakit gigi pun bisa menjangkiti.  Jika tidak ditanggulangi sejak dini maka gigi bisa mati karena akar gigi mati.

Oleh sebab itulah maka hendaknya kita selalu menjaga kebersihan mulut kita sebelum tidur.  Biasakan minum susu sebelum tidur namun diselingi dengan gosok gigi terlebih dahulu sebelum tidur agar sisa susu yang melekat pada rongga mulut bisa hilang dengan sempurna.  Jika tidak sempat gosok gigi pun sebaiknya melakukan kegiatan / aktivitas kumur-kumur terlebih dahulu dengan air bersih untuk mengurangi kadar susu pada rongga mulut seminimal mungkin sehingga bakteri jahat yang ada pada mulut tidak dapat melakukan aksi jahatnya pada gigi kita di malam hari ketika kita sedang asyik tidur terlelap.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Minum Susu Bisa Membuat Gigi Menjadi Rusak Parah"

Poskan Komentar