Orang-Orang yang Dihormati Oleh Warga Masyarakat Sekitar (Banyak Orang)

Semua orang yang normal ingin dihormati dan dihargai oleh orang lain.  Selain itu, orang-orang pun juga tidak mau dilecehkan, didiamkan dan dikucilkan oleh orang-orang yang ada di sekitarnya.  Namun untuk mendapatkan penghormatan dari orang lain, seseorang harus berbuat baik dalam kehidupannya sehari-hari.  Selain itu ada orang-orang tertentu yang mendapatkan penghormatan lebih dari orang-orang karena hal-hal tertentu.

Jenis / Macam Orang-Orang yang Dihormati dan Dihargai oleh Warga Masyarakat Sekitar :

1. Orang yang Punya Banyak Harta / Orang Kaya

Orang kaya biasanya secara otomatis akan menjadi orang terpandang di suatu lingkungan masyarakat.  Tidak hanyak kaya akan harta saja, namun juga bisa dalam bentuk memiliki banyak tanah, bangunan, kontrakan, bisnis, dan lain sebagainya.  Tingkat hormat orang-orang akan semakin bertambah jika orang kaya tersebut merupakan orang yang memiliki sifat dermawan dan suka menolong orang-orang membutuhkan yang ada di sekitarnya.

2. Orang yang Memiliki Jabatan / Pejabat

Sudah sesuatu yang biasa, presiden, gubernur, walikota, bupati, camat, lurah, kepala desa (kades), ketua rw, ketua rt, dan pejabat lainnya dihormati oleh orang-orang.  Pejabat biasanya dianggap sebagai orang yang pintar dan cerdas dengan berbagai kelebihannya sehingga orang yang ada di sekitarnya memberikan rasa hormatnya.  Namun rasa hormat tersebut bisa luntur jika pejabat tersebut tidak bisa menjalankan amanah yang diberikan masyarakat kepadanya.

3. Orang yang Berilmu (Orang Cerdas) dan Orang yang Terampil

Seseorang yang cerdas, pandai, terampil, kreatif, inovatif dan bijaksana biasanya banyak dijadikan orang sebagai tempat untuk bertanya orang banyak.  Karena kepintaran dan keterampilannya orang tersebut maka orang-orang menjadi hormat kepadanya.  Akan tetapi ada kalanya kecerdasan dan kemampuan seseorang digunakan untuk kejahatan atau mengganggu orang lain sehingga orang-orang malah memusuhi orang yang pintar tersebut.

4. Orang yang Ahli Agama / Alim Ulama

Pada umumnya seorang da'i, ulama, kyai, ustadz, imam masjid, haji / hajjah, mendapatkan penghormatan dari orang-orang di sekitarnya.  Hal ini disebabkan karena tidak semua orang memiliki pengetahuan agama yang luas serta mampu menjaga dirinya dari berbagai perbuatan dosa.  Jika orang yang ahli agama tersebut berperilaku tidak sesuai dengan ajaran agama, maka perlahan namun pasti biasanya orang-orang akan kehormatan orang tersebut akan berkurang.

5. Orang yang Ditakuti Orang / Preman / Jagoan

Orang-orang yang suka main tangan, main hakim sendiri, kasar, beringas, kejam, dan lain sebagainya biasanya mendapatkan kehormatan dari orang-orang di sekitarnya yang takut kepadanya.  Jika tidak hormat maka seseorang bisa mendapatkan penganiayaan atau teror, baik secara fisik maupun mental.  Rasa hormat semacam ini adalah rasa hormat yang palsu dan mudah hilang ketika seorang yang ditakuti sudah tidak berdaya lagi atau sudah tidak punya "taring" lagi.

6. Orang yang Punya Kekuatan Gaib Jin / Dukun

Walaupun persekutuan antara manusia dengan jin dilarang, namun tetap saja ada orang yang meminta pertolongan kepada bangsa jin agar dibantu urusannya di dunia yang fana ini.  Sebagian manusia dijadikan jin sebagai alat untuk menyesatkan banyak orang dengan diberikan kemampuan gaib.  Orang-orang yang lemah iman biasanya akan mudah disesatkan oleh ahli supranatural sehingga menaruh perasaan hormat dan takut yang besar.

7. Orang yang Senang Berbuat Baik

Tidak hanya orang yang punya kelebihan atas sesuatu hal saja, namun orang biasa pun juga bisa mendapatkan penghormatan lebih dari banyak orang.  Selama seseorang konsisten berbuat kebajikan kepada semua orang tanpa pandang bulu, maka orang pun akan menghargai dan menghormati dengan tulus ikhlas dan sepenuh hati.

---

Itulah beberapa jenis atau macam orang yang diberikan penghormatan oleh orang-orang yang ada di sekitarnya.  Jika kita ingin dihormati dan dihargai oleh orang-orang di sekitar kita, maka kita pun juga harus bisa menghormati dan menghargai orang-orang yang ada di sekitar kita.  Selain itu kita pun juga bisa mendapatkan penghormatan lebih cukup hanya dengan menjadi orang yang baik lahir dan batin dalam kehidupan sosial kemasyarakatan kita sehari-hari.  Hindari segala perbuatan yang buruk, keji dan melanggar aturan agama dan negara.  Dengan begitu maka kita akan menjadi orang yang dihormati oleh banyak orang di sekitar kita.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Orang-Orang yang Dihormati Oleh Warga Masyarakat Sekitar (Banyak Orang)"

Poskan Komentar