Arti Warna Ingus (Cairan Lendir Hidung) Pada Manusia

Manusia yang normal menghasilkan kurang lebih sekitar 4 (empat) cangkir ingus dalam satu hari untuk berbagai kebutuhan tubuh.  Selain itu pada umumnya cairan ingus manusia tidak berwarna atau keputih-putihan saja.  Jika ada warnanya maka hal tersebut patut dicurigai karena mungkin saja disebabkan oleh suatu yang serius.  Salah satu penyebab dari warna ingus yang tidak wajar yang paling umum adalah akibat dari adanya infeksi.

Beberapa Arti Warna Ingus Pada Manusia / Orang :

1. Arti Ingus Berwarna Hijau / Ijo

Cairan lendir hidung atau ingus yang warnanya kehijau-hijauan menandakan bahwa tubuh seseorang sedang terserang infeksi virus atau infeksi bakteri.  Biasanya jika kita terserang influenza maka hidung kita akan memproduksi ingus yang warnanya agak kehijau-hijauan.  Jika kita bersin atau mengeluarkan ingus pada saat terserang penyakit, sebaiknya dilakukan secara tertutup agar bibit kuman penyakit tidak menyebar ke orang lain yang ada di sekitarnya.

2. Arti Ingus Berwarna Merah

Apabila kita melihat ingus yang berwarna kemerah-merahan, merah mudah atau merah itu berarti ada kerusakan pada pembuluh darah bagian dalam hidung kita.  Mungkin ada darah yang keluar dari sistem pembuluh darah sehingga warna ingus yang keluar dari hidung akan menjadi kemerahan.

3. Arti Ingus Berwarna Coklat

Cairan ingus yang warnanya kecoklat-coklatan menandakan bahwa ada infeksi jamur pada hidung manusia.  Jika khawatir akan hal ini maka sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter kepercayaan anda agar mendapatkan penanganan yang baik.

4. Arti Ingus Berwarna Hitam

Apabila dari hidung keluar ingus warna hitam maka hal tersebut mungkin terjadi diakibatkan oleh adanya infeksi jamur atau infeksi sinus kronis yang dipicu oleh polusi udara dan asap.  Bisa jadi karena terlalu banyak terpapar asap kendaraan bermotor, asap pembakaran, asap kebakaran, dan lain sebagainya.

---

Marilah kita jaga kesehatan kita agar tidak menderita penyakit maupun gangguan kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas hidup kita sehari-hari.  Salah satunya yaitu dengan selalu memantau cairan ingus yang ada pada hidung kita.  Dengan begitu maka kita bisa menghindari berbagai efek berbahaya dari penyakit yang ditandai dengan gejala keluarnya ingus dengan warna ingus yang tidak wajar.  Dengan demikian tubuh kita akan selalu sehat selalu dan bisa cepat sembuh dari penyakit jika pun ada.  Kurang lebih mohon maaf lahir batin, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Arti Warna Ingus (Cairan Lendir Hidung) Pada Manusia"

Poskan Komentar