Otak Kepanasan Menyebabkan Kita Menguap dan Mengantuk

Biasanya jika tubuh kita merasa ngantuk, mulut kita akan menguap dengan sendirinya tanpa bisa kita kendalikan.  Namun berdasarkan suatu penelitian di Universitas Vienna di Negara Austria, menguap itu adalah suatu aktivitas tubuh yang diakibatkan oleh terlalu panasnya otak kita di luar batas normalnya.  Pada umumnya orang-orang yang sedang membuat otaknya bekerja keras, seperti para pelajar dan mahasiswa yang akan menghadapi ujian akhir, akan dapat lebih mudah membuat otaknya menjadi panas.

Ketika suhu otak sedang meningkat, maka dibutuhkan udara dari luar tubuh yang cukup banyak untuk mendinginkan otak.  Menguap adalah salah satu cara efektif yang dilakukan oleh tubuh kita untuk menurunkan suhu otak yang meningkat.  Faktor-faktor lain seperti tingkat kelembaban udara, musim, usia, jenis kelamin, kecukupan tidur malam, banyaknya waktu yang dihabiskan di luar ruangan, dan lain sebagainya tidak begitu banyak berpengaruh terhadap aktivitas menguap yang dilakukan tubuh secara otomatis.

Jika kita banyak menguap berarti kondisi otak kita sedang tidak normal akibat suhu otak yang meningkat.  Tidak hanya terjadi pada manusia saja, penelitian pada hewan tikus pun juga menghasilkan kesimpulan yang serupa.  Pada saat kita menguap hendaknya kita menutup mulut kita dengan tangan agar tidak ada yang masuk ke dalam mulut kita.  Saat menguap sebaiknya kita tidak mengeluarkan suara agar tidak ditertawakan oleh orang lain maupun oleh makhluk halus yang menyaksikan peristiwa tersebut.  Menguap adalah tanda otak terlalu panas sehingga kita perlu melakukan antisipasi agar tidak terjadi sesuatu hal yang buruk pada diri kita maupun pada orang-orang yang ada di sekitar kita.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Otak Kepanasan Menyebabkan Kita Menguap dan Mengantuk"

Poskan Komentar