Penyebab/Alasan Minta Kenaikan Gaji Ke Bos/Perusahaan Termpat Bekerja

Secara umum manusia bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.  Bekerja untuk mendapatkan nafkah bisa dilakukan dengan cara mempekerjakan diri sendiri maupun dengan bekerja untuk orang lain.  Pada umumnya setiap orang menginginkan penghasilan yang tinggi dari kegiatan bekerjanya sehari-hari.  Akan tetapi ada banyak faktor yang menentukan berhasil tidaknya seorang pekerja mendapatkan kenaikan gaji atau honor, sehingga diperlikan alasan tepat yang disertakan dalam permohonan kenaikan gaji / honor kepada pihak yang mempekerjakan.

Alasan Penyebab Karyawan/Pegawai Meminta Kenaikan Gaji/Penghasilan :

1. Kenaikan Harga Barang Secara Umum (Inflasi)

Inflasi adalah penurunan nilai uang secara umum terhadap barang-barang sehingga menyebabkan daya beli uang yang telah dimiliki oleh masyarakat menjadi berkurang.  Dengan berkurangnya daya beli uang maka sejumlah uang yang tadinya bisa dibelikan banyak menjadi sedikit.  Contohnya seperti misalnya tahun lalu dengan uang satu juta rupiah kita bisa membeli sepuluh karung, maka saat ini hanya bisa untuk dibelikan sembilan karung saja.  Jika dibiarkan begitu saja maka seseorang akan menjadi kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya karena adanya pengurangan barang atas jasa yang bisa dibelinya.

2. Memiliki Kemampuan / Keterampilan yang Sangat Dibutuhkan Perusahaan / Majikan

Jika keberadaan diri seorang pegawai / pekerja di perusahaan sangat dibutuhkan oleh pemberi kerja maka orang tersebut bisa minta tambahan penghasilan kepada pihak yang memberikan pekerjaan, baik perorangan maupun badan.  Perusahaan yang ketergantungan terhadap seorang pegawai akan amat sangat mempertimbangkan kenaikan gaji pekerja atau pegawai yang penting tersebut.  Terlebih lagi apabila pegawai yang meminta kenaikan gaji atas kemampuan penting tersebut telah ditawari bekerja di tempat lain dengan penghasilan yang lebih tinggi.

3. Terjadi Kenaikan Gaji / Honor Secara Umum

Apabila terjadi kenaikan penghasilan dari para pekerja atau karyawan yang berada di lingkungan sekitar tempat bekerja maka seorang pekerja bisa minta kenaikan gaji pula kepada tempatnya bekerja.  Sangatlah kurang etis jika standar penghasilan seorang pekerja lebih rendah dari standar penghasilan pekerja di tempat lain di lingkungan yang sama.

4. Penambahan Beban Pekerjaan / Tanggung Jawab Kerja

Biasanya orang yang naik pangkat atau naik jabatan bisa minta kenaikan penghasilan apabila tidak otomatis mendapatkan kenaikan gaji atau honor.  Begitu pun juga dengan pegawai, karyawan, pekerja atau buruh yang diberi tambahan tugas atau beban kerja berlebih dari yang seharusnya.  Misalnya seseorang yang ditugaskan mengerjakan pekerjaan rekan kerjanya yang berhenti berkerja karena pindah ke tempat kerja yang lain.

5. Peraturan / Perundang-Undangan Ketenagakerjaan

Jika saat ini besaran gaji atau honor yang diberikan majikan atau perusahaan tidak sesuai dengan batas minimal besaran gaji / honor yang ditetapkan oleh pemerintah, maka sudah sepantasnya kita meminta penyesuaian gaji / honor agar tidak bertentangan dengan peraturan / perundang-undangan ketenaga kerjaan yang berlaku baik di skala lokal maupun skala nasional.

---

Itulah beberapa hal yang bisa dijadikan alasan minta gaji / honor dinaikkan.  Kenaikan gaji adalah suatu hal yang lumrah dalam dunia kerja di seluruh dunia.  Begitu pun dengan pengurangan gaji dan potongan gaji juga merupakan hal yang biasa dalam bidang ketenagakerjaan di dunia ini.  Mudah-mudahan artikel tentang dunai kerja yang singkat ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.  Kurang lebihnya mohon maaf lahir dan batin, Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Penyebab/Alasan Minta Kenaikan Gaji Ke Bos/Perusahaan Termpat Bekerja"

Poskan Komentar