Cara Menghilangkan Rasa Benci (Tidak Suka) Kepada Orang Lain

Rasa benci atau rasa tidak suka kepada orang lain merupakan sesuatu hal yang biasa dimiliki oleh setiap manusia.  Dari sekian banyak orang yang ada di sekitar seorang manusia pasti ada orang yang tidak disukainya.  Jumlah orang yang tidak disukai bisa banyak dan bisa juga sedikit.  Orang yang merasa benci pada sebagian besar orang di sekelilingnya menandakan ada sesuatu yang salah.  Orang yang hebat adalah orang yang mampu mengendalikan emosinya walaupun sedang dizalimi oleh orang yang dibencinya.

Tips Cara Menghilangkan Rasa Benci Kepada Orang Lain :

1. Percaya Bahwa Orang yang Dibenci Akan Membawa Kebaikan

Yang paling penting untuk dilakukan kepada orang yang kita tidak sukai adalah mendoakannya agar diberikan hidayah, kesuksesan, kedudukan yang mulia, kekayaan, anak yang sholeh, memiliki keluarga yang sakinah mawaddah warohmah, kecerdasan, kesholehan, kebaikan, kesehatan, keselamatan dunia akhirat, dan lain sebagainya.  Lalu doakan pula agar diri kita mendapatkan kebaikan secara langsung maupun tidak langsung dari orang tersebut.  Dengan demikian kita pun bisa mendapatkan kebaikan dari orang yang saat ini kita benci walaupun kita harus bersabar puluhan tahun lamanya atau bahkan tanpa batasan waktu.

Seseorang bisa mengalami perubahan diri dari waktu ke waktu.  Orang yang tadinya jahat menjadi baik, dan begitu pula sebaliknya ada orang yang tadinya baik menjadi orang yang jahat.  Dengan doa dan sabar maka bisa saja seseorang berubah menjadi orang yang kita sukai walaupun awalnya kita sama sekali tidak menyukainya, dan bahkan membencinya.  Rasa benci bisa berubah menjadi suka dan sayang seiring berjalannya waktu.

2. Menyerahkan Segala Sesuatunya Kepada Allah SWT Tuhan Semesta Alam

Jika kita benci pada seseorang maka janganlah kita tunjukkan ketidaksukaan kita kepada orang tersebut dan juga orang lainnya.  Tetaplah kita berbuat baik kepadanya, kecuali orang tersebut ingin mencelakakan diri kita.  Biarlah Allah SWT yang membalas atas apa-apa yang orang tersebut lakukan.  Jangan sampai kita terprovokasi perilaku atau perbuatan orang tersebut sehingga kita bisa berbuat yang dilarang agama dan juga hukum di negara kita Indonesia.  Dengan demikian perasaan hati kita akan menjadi tenang dan tentram karena kita tidak ambil pusing atas setiap masalah remeh (kecil) yang ada dalam kehidupan kita.

3. Belajar Menikmati Rasa Marah, Kesal, Kecewa, Benci, Dll

Mulailah belajar mentertawakan diri sendiri atas segala penderitaan dan kemalangan yang dialami diri sendiri.  Dengan begitu maka diri kita akan merasa senang walaupun seharusnya kita merasa sedih atau marah.  Berusahalah untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan hati dan pikiran.  Biar pun kita merasa marah dan kesal, namun tahanlah perasaan tersebut sekuat hati dan kemudian berusaha untuk berlaku baik dan ramah terhadap orang yang kita benci / tidak suka.

4. Memaafkan Orang Lain

Jika orang lain punya salah kepada diri kita, maka maafkanlah orang tersebut.  Buang jauh-jauh perasaan dendam yang ada di dalam hati.  Biarkan saja orang tersebut mempertanggungjawabkan atas segala perbuatannya di dunia nanti di alam akhirat kelak.  Dengan ringan hati memaafkan orang lain maka hati kita akan menjadi plong dan ringan tanpa beban.  Terlebih lagi jika pemberian maaf tersebut disertai dengan perbuatan baik kepada orang tersebut walaupun diri kita tidak menyuaiknya sama sekali.

5. Memberikan Pemakluman

Setiap manusia memang pasti punya salah.  Begitu pun dengan diri kita sendiri pun juga pasti memiliki salah.  Mulai dari kesalahan yang biasa-biasa saja hingga kesalahan yang sangat serius pun merupakan hal yang biasa terjadi dalam kehidupan manusia sehari-hari.  Oleh sebab itulah maka sebaiknya kita maklumi saja atas segala perbuatan buruk seseorang, selama kesalahan tersebut tidak akan mempengaruhi kehidupan kita baik saat ini maupun yang akan datang.

---

Dari beberapa trik cara menyembuhkan rasa benci / rasa tidak suka kepada orang lain di atas mudah-mudahan dapat dipahami dan dicarikan solusinya dengan baik, agar kebencian yang selama ini kita pendam dapat hilang sedikit demi sedikit / perlahan-lahan.  Semoga tulisan yang singkat nan sederhana ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, kurang lebih mohon maaf, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Menghilangkan Rasa Benci (Tidak Suka) Kepada Orang Lain"

Poskan Komentar