Penyebab Jari Bisa Berbunyi Kencang Tek Tek Saat Digemeretakkan

Mungkin kita bertanya-tanya mengapa jari-jari kita bisa mengeluarkan bunyi tek tek tek tek yang cukup nyaring suaranya ketika kita gemeretakkan pada bagian persendiannya.  Tetapi bagi sebagaian orang mungkin menggemeretakkan jari adalah sesuatu hal yang tidak biasa dan merasa kurang nyaman ketika ada orang lain melakukannya.  Namun bagi yang sudah biasa melakukan kebiasaan tersebut, kegiatan "patah-mematahkan" jari hingga mengeluarkan bunyi keras yang berujung pada rasa nyaman pada jari-jemari, hal tersebut adalah sesuatu yang wajar dan tidak perlu dipertanyakan penjelasan ilmiahnya.

Orang mungkin mengira bahwa suara tek tek tek tek yang dikeluarkan oleh jari manusia berasal dari proses pelenturan paksa sendi jari yang sudah aus, bersinggungannya tulang jari yang satu dengan tulang jari yang lain, dan lain sebagainya.  Akan tetapi hal tersebut tidaklah benar.  Pemeletekan jari yang menghasilkan bunyi tek yang nyaring bersumber dari bagian cairan yang mengelilingi persendian jari pada manusia.  Cairan sendi jari-jemari manusia tersebut dinamakan cairan sinovial.

Cairan sinovial bukanlah penyebab dari bunyi nyaring tek tek pada jari tangan atau jari kaki saat digemeretakan.  Alasan penyebab keluarnya bunyi tek jari yang gemeretak adalah pecahnya gelembung gas atau gelembung udara pada cairan sinovial.  Jika dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan mesin ultrasound yang memiliki tingkat keakuratan 100 kali lipat lebih baik dari MRI (Magnetic Resonance Imaging), maka akan terlihat retakan dan kilatan yang disebabkan oleh terjadinya perubahan tekanan secara drastis pada gelembung udara pada cairan sinovial.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Penyebab Jari Bisa Berbunyi Kencang Tek Tek Saat Digemeretakkan"

Poskan Komentar