Planet yang Ada di Antara Planet Mars dan Jupiter (Sabuk Asteroid)

Selain planet bumi yang kita tempati saat ini masih terdapat banyak planet lain yang sama-sama berada di tata surya yang sama dengan kita.  Planet kita bersama dengan planet lainnya bersama-sama mengitari matahari yang menjadi pusat dari tata surya kita.  Dari banyak planet yang ada dapat kita bagi ke dalam planet besar dan planet kecil.  Salah satu planet kecil yang ada di tata surya ternyata terdapat berada di jarak yang tidak terlalu jauh dari bumi, yaitu ada setelah planet mars dan sebelum planet jupiter.

Planet yang ada di antara planet mars dan planet jupiter adalah planet ceres.  Planet ceres adalah planet katai alias planet kerdil di daerah sabuk asteroid.  Planet ceres merupakan planet yang paling kecil di antara planet katai lainnya untuk saat ini.  Dengan demikian maka dari seluruh planet yang ada saat ini yang paling kecil adalah planet ceres.  Sedangkan di antara planet yang besar-besar yang terkecil adalah planet merkurius yang paling dekat dengan matahari.

Informasi Ciri-Ciri / Profil Planet Ceres :

1. Jarak Dari Matahari adalah 2,8 AU (1 AU = 149,6 Juta km)
2. Berdiameter 952,4 Kilometer
3. Waktu Rotasi adalah 9,1 Jam
4. Tidak mempunyai satelit alami
5. Planet kecil yang paling kecil
6. Waktu Revolusi Mengelilingi Orbit adalah 4,6 Tahun
7. Massa Planet hanya 0,015 % Massa Bumi
8. Ditemukan pada 1 Januari 1801 oleh Giuseppe Piazzi

Planet ceres adalah satu-satunya planet katai yang ada di sabuk asteroid.  Sedangkan sisanya yang ada di sabuk asteroid adalah bebatuan asteroid yang melayang-layang dengan kecepatan tinggi dan terkadang saling bertabrakan satu sama lain.  Planet katai lainnya seperti pluto, eris, makemake, dan haumea berada setelah planet neptunus yaitu pada daerah sabuk kuiper yang juga berisi banyak sekali batuan asteroid seperti di sabuk asteroid.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Planet yang Ada di Antara Planet Mars dan Jupiter (Sabuk Asteroid)"

Poskan Komentar