Makan Makanan Asam Bisa Merusak Gigi, Termasuk Minuman Asam

Mengkonsumsi makanan yang asam dan minuman yang asam dengan tingkat keasaman yang tinggi bisa menyebabkan gigi menjadi rusak.  Oleh karena itu sebaiknya kita tidak terlalu sering makan makanan yang sangat asam dan minum minuman yang tingkat keasamannya tinggi.  Contoh makanan alami yang tingkat keasamannya tinggi dan berdampak buruk bagi kesehatan gigi adalah zat asam yang ada pada jeruk lemon.  Contoh makanan yang mengandung asam tinggi adalah seperti air saus cuko pada empek-empek yang mengandung asam cuka.

Jika makan makanan asam maka sebaiknya segera berkumur-kumur agar gigi tidak terlalu lama melakukan kontak dengan zat asam dari makanan yang dimakan.  Begitu juga dengan minuman asam hendaknya diminum dengan menggunakan sedotan, dilakukan dengan cepat dan berkumur-kumur setelah selesai minum.  Jika makanan dan minuman asam dibiarkan kontak berlama-lama dengan gigi manusia maka dikhawatirkan gigi akan cepat terkikis sehingga lapisan enamel gigi akan menipis dan akhirnya hilang.  Hilangnya lapisan enamel gigi bisa membuat gigi lebih sensitif dan lebih mudah bolong.

Dengan lebih selektif dalam memilih makanan yang akan dimakan dan minuman yang akan diminum tentu akan membuat diri kita menjadi lebih tahan penyakit.  Jika pola makan sehat diterapkan dengan baik maka tubuh pun akan menjadi lebih sehat.  Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan gigi dan juga kesehatan tubuh kita.  Sehingga kita pun juga harus peduli demi kebaikan diri kita sendiri dan juga untuk kebaikan orang lain yang ada di sekitar kita.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Makan Makanan Asam Bisa Merusak Gigi, Termasuk Minuman Asam"

Poskan Komentar