Terbaru :
Home » , , » Quantum Reading (QR) dan 5 (Lima) Langkah Dalam Latihan Membaca

Quantum Reading (QR) dan 5 (Lima) Langkah Dalam Latihan Membaca

Oleh godam64 pada 17 Juni 2011 | 00:24

Assalamualaikum mudah-mudahan dalam dalam kebersamaan anda di sini dapat bermanfaat dan juga dapat menyumbangkan sebuah opini sekaligus dapat berpartisipasi dalam forum organisasi di sini.
-------

Sesuai topik di atas adalah merupakan langkah strategis Allah yang telah menurunkan surah pertama AL-Alaq "--Orented Centre--" pada budaya qiraat (iqra') Budaa dan minat baca adalh kunci dari ilmu pengatahuan bahkan ia merupakan langkah pertama dan perdana dalam islam.

"---Membaca adalah adalah kebutuhan primer (Durasi) bagi santri yang mengkaji pengatahuan islam--- "

Semakin banyak bacaan seseorang semakin banyak pengatahuan dan luas wawasan mendorong seseorang bertindak, bijaksana, istiqamah, dan tidak fanatik (cepat menyalahkan orang lain) hal ini perlu dibudayakan santri kontemporer agar menjadi santri global yang dapat mebaca semua perkembangan lingkungan, baik nasional maupun internasional.

Dalam dunia pendidikan terdapat pendekatan baru dalam sistem membaca yang terkenal dengan "QUANTUM READING" . Secara termenology Quantum adalah interaksi antara potensi otak, fikir dan energi dalam membaca sehingga bacaan itu menjadi cahaya bagi si pembaca.

5 (Lima) Langkah dalam latihan membaca :

1. JADILAH PELAJAR YANG INGIN TAHU
QR merupakan pertanyaan sebelum anda memulai membaca tanyakan pada diri anda
- Tentang apa yang saya baca
- Manfaat apa yang saya ambil
- Bagaimana saya dapa menggunakan dan mengamalkan bacaan ini "Ingat otak cerdas selalu ingin tahu"

2. MASUKKAN KEADAAN KONSENTRASI TERPUSAT
Membaca cepat menuntut konsentrasi tinggi, atur agar buku anda berdiri di atas meja, duduk tegak, pejamkam mata, dan tarik nafas dalam-dalam pikirkan tempat yang damai/menyenangkan, putar mata ke atas dan ke bawah, buka mata, dan lihat buku anda.

3. SUPER SCAN
Super scan adalah membaca paling cepat, dengan cepat lalui setiap halaman dengan melihat halaman sekaligus, biarkan jari-jari anda bermain. Lakukan beberapa kali untuk mengakrabkan diri anda dengan materi sehingga mempunyai gambaran tentag apa yang di bahas buku tersebut,
Saat anda melakukan super scan tetap tanyakan pada diri anda
a. Kira-kira buku ini tentang apa?
b. Apa artinya bagi saya?
c. Mengapa ini penting?

4. MEMBACA
Sekali lagi masuk membaca, saat mulai membaca ikuti baris demi baris, paksa diri anda dengan membaca sedikit lebih cepat, anda dapat melipat gandakan kecepatan membacaan hanya dengan menggunakan jari-jari sebagai penuntun visual (mata)

5. MENGULANG
Buatlah peta pikiran untuk hal yang baru saja anda baca. Ini akan merekatkan pembelajaran dalam memori otak anda dan meningkatkan pemahaman terhadap materi. Kelak anda menggunakan peta pikiran ini untuk mengulang dalam menghadapi ujian.
Pelajar AUDITORIAL mendapat manfaat dengan membicarakan dan menceritakan orang lain atau kepada diri sendiri.

Oleh : ???
Rekomendasikan artikel ini :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Link Singkat Organisasi.Org | Bacaan Singkat Sarat Ilmu | Forum Komunitas yang Baik
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger