Tips Cara Cepat Kenal dan Akrab Dengan Tetangga di Lingkungan Rumah Baru

Pindah ke rumah baru adalah awal dari kehidupan baru yang mengharuskan kita beradaptasi dengan lingkungan di sekitar rumah kita sebaik mungkin. Dengan berada di tempat yang baru, maka orang-orang yang ada di sekitar kita pun juga berubah total. Selain beradaptasi dengan lingkungan, kita juga harus melakukan sosialisasi dan berinteraksi dengan warga masyarakat di sekitar rumah kita.

Ada banyak cara yang bisa memudahkan dan mempercepat proses sosialisasi kita dengan tetangga dan warga di lingkungan tempat tinggal kita. Yang pasti dibutuhkan kemauan dan kerja keras kita karena butuh pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran kita. Bagi orang yang individualis dan kaku mungkin pekerjaan semacam ini sangat berat, akan tetapi bagi yang suka melakukan interaksi dengan banyak orang dan punya sifat supel, maka pekerjaan semacam ini adalah hal yang mudah serta menyenangkan.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan penghuni baru dalam beradaptasi dengan lingkungan sosial tempat tinggalnya :

1. Rajin Terlihat Di Sekitar Depan Rumah

Sekedar rajin menyapu di depan rumah, rajin ngobrol dengan tetangga di dekat rumah kita, rajin duduk-duduk santai di teras rumah, dan lain sebagainya akan mempercepat proses awal adaptasi di lingkungan yang baru. Yang pasti kita harus menjadi orang yang murah senyum dan rajin menyapa penduduk sekitar yang terlihat maupun yang lewat di depan rumah kita.

2. Berinteraksi Di Warung, Toko, Tukang Sayur, Pos, Dll

Luangkanlah waktu untuk berbelanja barang-barang kebutuhan kita di warung, toko maupun pedagang keliling di sekitar rumah kita walaupun harganya sedikit lebih mahal dibandingkan berbelanja di pasar modern dan pasar tradisional. Interaksi sosial yang terjadi di warung, toko dan penjual keliling sangat penting karena di sana akan terjalin keakraban dengan pelaku usaha yang biasanya punya informasi-informasi penting di lingkungan rumah kita dan juga terjalin keakraban dengan pelanggan yang rumahnya dekat maupun jauh dari rumah kita.

3. Rajin Beribadah di Tempat Ibadah Tepat Waktu

Rajinlah sholat berjamaah di awal waktu di masjid atau musholla di sekitar rumah baru kita, karena di sana biasanya banyak orang-orang baik yang cepat bisa kita dekati jika kita rajin shalat berjama'ah dengan mereka. Apabila ada kegiatan masjid atau musholla ikutlah aktif untuk mempererat tali silaturahmi dengan pengurus masjid dan juga penduduk sekitar yang beragama islam.

4. Ikut Aktif Bersosialisasi Dengan Anak

Anak-anak kita (jika punya anak) pasti butuh teman bermain yang baru serta tempat bermain yang baru pula. Dalam pencarian tersebut sebaiknya kita sebagai orangtua yang baik turut aktif menemani anak kita bersosial dengan teman baru serta orang tua dari teman-teman baru anak kita.

5. Ikut Turut Berpartisipasi Kegiatan Warga Sekitar

Jika ada kegiatan warga sekitar seperti kerja bakti, arisan, pengajian, pemilihan rt, pemilu, dan lain sebagainya ada baiknya kita ikut berpartisipasi, minimal jadi penggembira alias peserta biasa saja. Jika rajin mengikuti aktivitas warga, maka lama kelamaan kita pun akan dikenal oleh banyak warga sekitar rumah kita.

6. Memperkenalkan Diri Langsung Ke Tetangga Sekitar Rumah

Jika memungkinkan kita bisa mendatangi langsung rumah-rumah tetangga kita untuk memperkenalkan diri. Sebelum melakukan itu yang pertama kali perlu kita kenal dan lapor adalah ketua rt (rukun tetangga) dan tetangga di sebelah kiri kanan dan depan rumah. Minta rekomendasi dari ketua rt maupun dari tetangga dekat rumah, tetangga yang mana saja yang perlu kita datangi untuk memperkenalkan diri. Mungkin tidak semua tetangga senang kita datangi untuk sekedar berkenalan, oleh sebab itu lakukanlah survey terlebih dahulu sebelum melakukannya.

----

Dengan menjalankan tips-tips cara cepat dan mudah berinteraksi dengan warga di lingkungan yang baru mudah-mudahan bisa terjalin hubungan yang baik antara kita penghuni baru dengan penghuni lama yang telah lama ada sebelum kita ada. Hindari sifat-sifat yang buruk seperti sombong, pelit, individualis, galak, tertutup, mahal senyum, berperilaku buruk, dan lain-lain. Apabila hubungan baik dengan warga masyarakat sekitar sudah baik, maka hidup kita pun akan terasa lebih indah. Selamat mencoba semoga usaha anda berhasil.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Cepat Kenal dan Akrab Dengan Tetangga di Lingkungan Rumah Baru"

Posting Komentar