Reaktor Nuklir di Indonesia yang Pertama Sejak Tahun 1965

Negara Indonesia mempunyai reaktor nuklir yang sudah tua yang sudah berumur 50 tahun lebih.  Reaktor nuklir tersebut didirikan sejak tahun 1965 yang diresmikan secara langsung oleh Presiden Soekarno.  Nama reaktor nuklir tersebut adalah Triga yang merupakan kependekan dari Training Research Isotope Production by General Atomic.  Reaktor nuklir Triga tenyata letaknya tidak terlalu jauh dari Ibukota Indonesia, yaitu berada di Kota Bandung, tepatnya di kawasan kompleks Batan Bandung jalan Tamansari.

Saat ini reaktor nuklir tersebut diberi nama Triga 2000 di mana angka 2000 adalah daya kapasitas reaktor maksimal yaitu 2000 Kw.  Reaktor Triga di Bandung sejak dahulu kala dijadikan sebagai tempat melakukan penelitian dan juga pengembangan teknologi isotop dan radio isotop.  Reaktor nuklir Triga tidak hanya digunakan untuk dunia medis saja, namun juga untuk berbagai penelitian yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi.

Dengan demikian maka Indonesia bukanlah negara yang anti dengan nuklir.  Indonesia sudah punya pengalaman selama 50 tahun dengan reaktor nuklir. Tentu jika dikembangkan lebih baik lagi mungkin kita bisa memiliki lebih banyak lagi reaktor nuklir yang dapat memberikan berbagai manfaat bagi rakyat Indonesia dan juga negara-negara lainnya.  Jika dikelola dengan baik dan profesional, tentu Indonesia akan menjadi negara yang maju di bidang nuklir non senjata pemusnah masal yang memberikan pengaruh yang baik (positif) bagi banyak orang di seluruh dunia.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Reaktor Nuklir di Indonesia yang Pertama Sejak Tahun 1965"

Poskan Komentar