Cara Mengatasi/Menghilangkan Penderitaan Hidup / Masalah Hidup Kita

Hidup manusia selalu diwarnai dengan suka maupun duka dari mulai baru lahir sampai meninggal dunia.  Penderitaan selalu datang silih berganti dengan kenikmatan hidup.  Setiap orang diberikan suka dukanya masing-masing oleh Allah SWT.  Baik kesenangan maupun penderitaan merupakan ujian dari Allah SWT untuk menguji keimanan manusia.  Orang yang mendapatkan kesenangan tidak boleh lupa diri, dan orang yang mendapat ketidaksenangan pun juga harus banyak-banyak mendekatkan diri pada Tuhannya agar diberikan kemudahan dalam mengatasi setiap penderitaan hidup yang datang kepadanya.

Tips Cara Menghilangkan / Mengatasi Penderitaan Hidup / Masalah Hidup Manusia :

1. Mencari Jawabannya Lewat Internet

Di internet banyak terdapat tanya jawab atau konsultasi mengenai berbagai permasalahan hidup yang terjadi pada diri manusia.  Mungkin ada satu atau beberapa kasus yang mirip dengan kasus yang sedang kita hadapi dalam kehidupan kita.  Dengan solusi-solusi yang sudah ada yang bisa dicoba untuk diterapkan mungkin ada yang cocok dan bisa berhasil mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

2. Konsultasi / Bertanya Langsung Kepada Ahlinya

Jika di internet tidak ada yang jalan keluar cocok, maka bisa mencoba mencarinya lewat para ahli.  Orang yang ahli dalam mencarikan jalan keluar masalah orang lain tidak hanya profesional saja seperti psikolog, konselor, ustadz, ulama, dan lain-lain, namun juga orang biasa yang punya banyak pengalaman hidup atau punya keahlian tersembunyi di bidang konseling atau bidang lainnya.

3. Melakukan Analasis Ulang dan Pengaturan Strategi Baru

Ketika kita sudah melakukan berbagai upaya dalam menghilangkan masalah yang membuat hidup kita menderita, maka cobalah lakukan kajian ulang.  Dengan melakukan analisa ulang terhadap masalah-masalah yang sedang dihadapi diharapkan munculnya ide-ide baru yang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi masalah yang ada.  Identifikasi semua masalah yang ada, lalu buat satu atau lebih solusi untuk mengatasi masalah yang ada.  Buat jadwal yang realistis sebagai pedoman waktu pelaksanaan solusi yang telah dibuat.  Semua itu hendaknya dituliskan lewat tulisan di atas kertas atau di perangkat elektronik (hp, laptop, pda, netbook, smartphone, tablet, dan lain sebagainya).  Jika rencana A gagal, maka lakukan rencana B atau rencana lainnya yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

4. Mengubah Pola Pikir Negatif Menjadi Positif

Ada kalanya masalah yang ada muncul akibat adanya pikiran negatif atau gaya hidup tidak sehat / gaya hidup tidak baik.  Dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengubah kebiasaan cara berpikir dengan membiasakan diri berpikir positif maka diharapkan bisa mencegah timbulnya masalah baru dan secara otomatis mengatasi berbagai masalah yang sedang dihadapi dengan sendirinya.  Di samping itu sangat penting untuk mengubah sikap menjadi pribadi yang selalu bersyukur atas apa yang telah dimiliki sehingga tidak menderita ketika melihat kebahagiaan yang didapatkan oleh orang lain.

5. Bersabar Sambil Berdoa dan Berusaha

Setiap segala sesuatunya datang dari Allah SWT.  Dengan begitu tentu saja setiap masalah yang ada pada diri manusia akan menghilang atas seizin Allah SWT.  Mohonlah ampunan dari Allah SWT, minta diberikan penyelesaian atas segala masalah yang ada.  Jangan lupa untuk berusaha sebisa mungkin untuk mengatasi permasalahan yang ada.  Setiap segala sesuatunya butuh proses sehingga dibutuhkan usaha yang keras untuk mendapatkan hasil seperti apa yang diinginkan.

Itulah beberapa tips cara menghilangkan / cara mengatasi penderitaan hidup atau masalah hidup yang dialami oleh manusia.  Mudah-mudahan bisa membantu anda dalam mengatasi berbagai masalah pelik yang sedang dihadapi.  Hindari menyelesaikan masalah dengan cara-cara yang tidak baik seperti hal-hal yang bertentangan dengan ajaran agama, hukum, adat istiadat, normal, nilai, budaya, kebiasaan, dan lain sebagainya.  Selamat mencoba dan semoga berhasil mengatasi penderitaan hidup atau permasalahan hidup yang sedang dan yang akan anda hadapi di masa yang akan datang.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Mengatasi/Menghilangkan Penderitaan Hidup / Masalah Hidup Kita"

Poskan Komentar