Seandainya Rokok Dilarang Pemerintah Indonesia & Merokok Diharamkan MUI

Apa yang terjadi seandainya rokok dilarang oleh Pemerintah Indonesia dan juga diharamkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI)?  Hal ini tentu akan menjadi malapetaka besar bagi para perokok aktif yang ketagihan berat dengan nikotin.  Namun bagi orang yang tidak merokok hal ini akan menjadi berita yang amat sangat  menggembirakan karena akan terbebas dari asap rokok yang disemburkan oleh para perokok aktif di tempat-tempat umum dengan riang gembira tanpa perasaan bersalah sedikit pun.

Generasi muda yang belum terkontaminasi nikotin asap rokok pun akan banyak yang terbebas ketergantungan rokok sehingga akan dapat hidup lebih sehat dari generasi perokok senior-seniornya.  Rumah sakit akan banyak yang tutup karena jumlah orang sakit akibat merokok berkurang drastis.  Kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat Indonesia meningkat karena setiap orang tidak butuh merokok terlebih dahulu untuk bisa berpikir dengan jernih.

Kesejahteraan masyarakat Indonesia pun turut meningkat karena uang yang tadinya dianggarkan untuk membeli rokok dapat digunakan untuk membeli makanan bergizi, membayar biaya pendidikan, dan lain sebagainya.  Dari sisi agama pun akan banyak orang yang bisa mati dengan tenang.  Jika seseorang sudah dilarang dokter merokok namun tetap merokok dan akhirnya meninggal dunia karena penyakit yang disebabkan oleh merokok, maka bisa jadi di akhirat kelak dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang mati bunuh diri.

Di samping banyaknya dampak positif yang bisa didapatkan dari pelarangan merokok secara umum di Indonesia, terdapat pula banyak dampak negatif dari larangan merokok.  Akan ada banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena pabrik rokok ditutup paksa, produk pertanian tembakau tidak laku dan tidak bisa lagi menjual rokok yang saat ini menjadi salah satu primadona dalam usaha jual beli masyarakat.  Pegawai rumah sakit dan pabrik obat banyak yang diPHK.  Rokok pun akan menjadi barang selundupan yang memusingkan pihak kepolisian dan kejaksaan dalam memberantasnya, karena polisi, hakim dan jaksa banyak yang saat ini merokok.

Di sanalah terdapat peran penting pada kaum muslim yang diberikan kelebihan rezeki oleh Allah SWT.  Lemahnya pemerintah dalam mengatasi kecanduan rokok dalam masyarakat harus dibantu dengan berbagai hal yang termasuk dalam kategori sedekah.  Sedekah menjadi jalan keluar terbaik karena Allah SWT menyuburkan sedekah dan memusnahkan riba.  Sehingga sedekah menjadi solusi yang paling tepat dalam mengatasi setiap masalah kemasyarakatan, kebangsaan, kenegaraan, dan lain-lain.

Beberapa Hal yang Harus Disedekahkan Orang Islam untuk Menciptakan Indonesia Bebas Rokok :

1. Membuka Lapangan Pekerjaan Masal

Orang-orang sholeh yang diberikan keluasan rezeki Allah SWT haruslah mencari cara untuk mengentaskan kemiskinan dan kebodohan di Indonesia dan juga di dunia.  Salah satunya adalah menciptakan banyak lapangan pekerjaan yang bisa mensejahterakan banyak orang.  Untuk membuat orang sejahtera gaji tidaklah penting, karena yang paling penting adalah pemberian kesejahteraan secara langsung.  Uang dalam jumlah besar tidak bisa membuat semua orang sejahtera, akan tetapi pemberian kesejahteraan bisa membuat semua orang sejahtera jasmani dan rohani.  Jika perlu dibuat suatu perekonomian muamalah buatan terlebih dahulu hingga menjadi kuat dan sehat tanpa adanya hal-hal yang bertentangan dengan syariat agama yang juga bertentangan dengan pancasila sila pertama.

2. Membangun Pabrik Obat Murah dan Rumah Sakit Murah

Saat ini harga obat dan biaya rumah sakit mahal karena dijadikan lahan bisnis.  Lemahnya pemerintah dalam bidang kesehatan pun dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meraup banyak keuntungan dari masyarakat yang membutuhkan fasilitas kesehatan yang berkualitas tinggi.  Jika dunia medis berkualitas tinggi telah dikuasai oleh orang sholeh dari hulu ke hilir maka biaya pengobatan bisa ditekan serendah-rendahnya dan bahkan bisa gratis tanpa biaya jika seluruh biaya ditanggung oleh dermawan dan donatur yang baik hati.

3. Menciptakan Daerah Isolasi Bagi Orang Sholeh

Untuk menangkal berbagai pengaruh negatif dari dalam negeri dan luar negeri harus dibuat suatu daerah khusus yang dimiliki oleh orang yang alim dan sholeh.  Di tempat tersebut di berlakukan peraturan-peraturan tambahan yang melengkapi hukum-hukum negara yang sudah ada seperti layaknya di sekolah, pesantren, rumah sakit, rumah pribadi, dan lain-lain yang baik bagi orang yang berada di tempat tersebut.  Setiap penghuni pun dipaksa untuk menerapkan pola hidup sehat sehingga bisa hidup dengan sehat lahir dan batin seperti yang diinginkan oleh semua orang.  Hal ini mengatasnamakan ibadah sehingga tidak dapat diganggu gugat oleh orang-orang yang tidak suka dengan hal baik karena didukung oleh pancasila, UUD 1945 yang seharusnya dijadikan sumber dari segala hukum yang berlaku di Indonesia.

4. Aktif Berdakwah Pengharaman Rokok  Merokok

Kebijakan pemerintah demokrasi bukanlah sesuatu yang abadi.  Ketika orang-orang pemerintah pengambil kebijakan berganti, maka hukum pun bisa diganti.  Rokok yang tadinya dilarang dan diharamkan bisa berubah kembali menjadi tidak dilarang dan makruh.  Di sanalah terdapat peran penting bagi kaum muslim yang soleh.  Perlu adanya dakwah yang terus-menerus untuk menyampaikan bahaya merokok dan kebaikan pelarangan merokok secara detil.  Selain itu para pendakwah pun juga harus aktif mendorong pemerintah untuk memaksa semua warga untuk menerapkan pola hidup sehat agar semua orang bisa menjadi sehat jiwanya dan raganya.

---

Itulah beberapa hal yang terjadi jika merokok dilarang Pemerintah Indonesia dan sekaligus merokok difatwakan haram oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).  Atas segala efek negatif / dampak buruk dari pelarangan rokok tersebut pun telah ada solusinya sehingga tidak ada lagi alasan bagi pemerintah untuk tidak melarang semua orang untuk merokok dan MUI mengeluarkan fatwa haram rokok secara penuh.  Mudah-mudahan dengan demikian kehidupan berbangsa dan bernegara akan menjadi lebih baik dari sebelum-sebelumnya dan menjadi teladan bagi negara dan bangsa yang lain di seluruh dunia.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Seandainya Rokok Dilarang Pemerintah Indonesia & Merokok Diharamkan MUI"

Poskan Komentar