Sebelum Mengendarai Sepeda Motor dan Mobil Panaskan Dulu Mesinnya

Jika kita ingin menggunakan sepeda motor, mobil serta kendaraan bermotor lainnya ada baiknya kita panaskan dulu mesin dengan membiarkannya menyala selama kurang lebih lima menit.  Lakukan jika motor dalam keadaan dingin karena tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.  Kendaraan bermotor dipanaskan jangan terlalu lama karena hanya akan membuang-buang bahan bakar saja.  Saat memanaskan kendaraan bermotor sebaiknya tidak menyalakan berbagai aksesoris seperti pendingin udara ac, pemutar suara, lampu, dan lain-lain agar bisa menghemat bahan bakar dan aki.

Jika kita memanaskan mesin sepeda motor atau mobil kita sebelum kita jalankan kendaraan, mesin akan lebih stabil saat dijalankan di jalan raya, dan kemungkinan mesin tiba-tiba mati ketika dijalankan akan lebih kecil.  Pada saat dipanaskan, oli akan menyebar merata ke seluruh mesin, sehingga pada saat jalan akan berjalan dengan lancar.  Perhatikan juga karakteristik kendaraan yang akan dipanaskan.  Terkadang ada pula kendaraan yang membutuhkan pemanasan lebih lama dan juga ada pula yang membutuhkan waktu pemanasan yang lebih sedikita.  Dengan memanaskan mesin sesuai kebutuhan, mudah-mudahan dapat mendatangkan manfaat bagi kita semua.

Rajin-rajinlah merawat kendaraan bermotor yang anda miliki agar dapat mengurangi resiko kendaraan mogok di jalan karena terjadi kerusakan.  Merawat akan jauh lebih murah biayanya daripada memperbaiki kerusakan.  Ibarat kata mencegah lebih baik dari mengobati.  Selain itu perawatan yang dilakukan secara prima juga akan dapat memperawet mesin dan bagian-bagian kendaraan lainnya.  Kendaraan yang dirawat dengan baik pun juga dapat meningkatkan harga jual kendaraan tersebut apabila hendak dijual.  Salah satu bentuk perawatan kendaraan yang paling sederhana adalah rajin memanaskan kendaraan sebelum digunakan.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Sebelum Mengendarai Sepeda Motor dan Mobil Panaskan Dulu Mesinnya"

Posting Komentar