Sesuatu Hal yang Biasa/Harus Dilakukan Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari

Tidur malam yang panjang biasanya diakhiri dengan bangun tidur saat menjelang fajar atau di pagi hari. Lama waktu yang digunakan manusia untuk tidur bervariasi ada yang pendek dan ada yang panjang. Normalnya manusia membutuhkan waktu tidur selama 7 sampai 8 jam setiap hari agar selalu bisa menjaga pola hidup sehatnya. Kekurangan tidur maupun kelebihan tidur bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan seseorang.

Setelah bangun tidur, masing-masing orang memiliki kesibukannya masing-masing tergantung jadwalnya. Jika hari biasa atau hari kerja, seseorang biasanya harus bersegera mempersiapkan dirinya beraktivitas agar tidak terlambat sampai di tempat beraktivitas. Namun jika hari libur dan tidak ada kegiatan pagi di hari itu, seseorang bisa lebih santai dalam menghadapi hari baru.

Berbagai kegiatan/aktivitas yang biasa dilakukan seseorang sehabis bangun tidur malam di pagi hari :

1. Menenangkan Diri

Setelah terjaga dari tidur panjang di malam hari, seseorang tidak lantas langsung bisa melakukan aktivitas yang biasa dilakukannya sehari-hari, namun butuh beberapa saat untuk menenangkan diri, menghimpun tenaga serta memulihkan kesadaran yang belum kembali seutuhnya. Jika dipaksakan untuk segera bangkit dan beraktivitas ditakutkan bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Buang Air, Mandi dan Berpakaian

Setelah bangun dari tidur seseorang biasanya akan menuju ke kamar mandi untuk buang air kecil. Selain buang air kecil juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya di kamar mandi seperti kumur-kumur, mandi, sabunan, sikat gigi, keramas, luluran, dan lain sebagainya. Setelah mandi, seseorang bisa memakai pakaian sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan beberapa saat ke depan.

3. Ibadah Fajar / Shubuh

Bagi umat islam, sholat shubuh adalah hal yang sangat wajib untuk dikerjakan sehingga mau tidak mau seorang muslim harus mengawali harinya di waktu shubuh untuk menghadap Allah SWT. Bagi sebagian orang mungkin terbiasa bangun di akhir malam sekitar pukul 01.00 hingga masuk waktu shubuh untuk bisa beribadah di waktu yang paling baik untuk ibadah serta agar tidak melewatkan sholat sunah fajar yang sangat barharga untuk dilewatkan begitu saja.

4. Sarapan Pagi

Makan pagi atau sarapan adalah hal yang penting dan tidak baik untuk ditinggalkan. Pilihannya ada dua, yaitu antara membuat makanan atau membeli makanan. Jika harus membeli makanan berarti harus keluar rumah dulu untuk membeli makanan, membawa pulang dan menyantapnya di rumah. Kegiatan membeli makanan juga bisa dilakukan setelah sampai di tempat beraktivitas (sekolah, kampus, kantor, dan lain sebagainya).

5. Nonton TV / Membaca Koran

Jika masih banyak waktu senggang dan tidak diburu waktu, maka seseorang bisa menikmati waktu paginya dengan melihat televisi, membaca koran/majalah, membuka internet, dan lain sebagainya. Jika tidak banyak waktu luang, kegiatan di atas pun bisa dilakukan sambil sarapan, sambil menyiapkan barang-barang dan bahkan sambil membawa kendaraan menuju tempat yang dituju.

6. Menyiapkan Barang Bawaan

Sangat penting untuk membawa berbagai barang-barang akan digunakan di tempat kita beraktivitas. Jangan sampai ada yang tertinggal atau kelupaan disiapkan. Jika benda tersebut sangat penting sudah barang tentu nantinya kita akan dipaksa untuk pulang ke rumah lagi dan lalu kemudian membawanya ke tempat aktivitas. Jika perlu siapkan jauh-jauh hari atau minimal di malam hari sebelum kita tidur agar tidak panik ketika harus mempersiapkan barang-barang yang belum siap dalam waktu yang singkat.

7. Menyiapkan Kendaraan

Jika hendak membawa kendaraan seperti mobil, sepeda motor, sepeda genjot, dan lain sebagainya jangan lupa untuk menyiapkan dokumen pentingnya dan mengecek kondisi kelayakan kendaraan sebelum berangkat. Tidak lupa untuk memanaskan mesin sebelum dikendarai agar mesinnya stabil saat digunakan pergi ke tampat tujuan.

8. Berangkat ke Tempat Aktivitas

Hal terakhir yang biasa kita lakukan di rumah yaitu berangkat meninggalkan rumah menuju tempat beraktifitas. Jangan lupa untuk pamit kepada orang-orang di rumah agar mereka tidak mencari-cari kita setelah kita berangkat dari rumah. Pamit dan saling kepada orangtua dan menyalimi anak isteri kita sangat baik untuk dilakukan untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.

----

Ketika hari libur, seseorang bisa saja tetap menjadikan poin-poin di atas sebagai rutinitas hidupnya, dan ada pula yang tidak melakukan semua point aktivitas di atas secara total di hari libur. Semua itu tergantung dari bawaan sifat perilaku, selera dan situasi kondisi yang ada. Yang jelas kita harus menghormati kebiasaan orang lain walaupun kita tidak menyukainya demi kebaikna bersama.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Sesuatu Hal yang Biasa/Harus Dilakukan Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari"

Posting Komentar