Sesuatu Hal Yang Sering Dilupakan Saat Asyik Main Internet, Main Game, Nonton TV, Dll

Melakukan sesuatu yang mengasyikkan memang sangat menyenangkan sehingga bisa membuat kita lupa waktu dan melakukan berbagai hal yang seharusnya dilakukan. Waktu akan serasa berjalan sangat cepat ketika kita sedang mengerjakan sesuatu yang kita sukai. Berbeda halnya ketika kita melakukan hal-hal yang kita benci, maka waktu akan terasa berputar begitu lambat. Suka tidak suka kita tahu bahwa waktu terus berjalan dan tidak akan mungkin bisa kembali lagi.

Beberapa hal asyik yang sering membuat kita lupa daratan contohnya adalah sebagai berikut di bawah ini :
- Browsing internet / berkelana di dunia maya
- Main game online maupun offline
- Nonton televisi / mendengar radio
- Nonton film DVD, VCD, Bluray Disc (BD), dll
- Mendengarkan musik dan bermain musik
- Main bola dan olahraga lainnya dengan teman-teman
- Membaca buku, majalah, komik, novel, dsb
- Memancing / berburu / berpetualang
- Bekerja (bagi yang workoholik)
- Pacaran dengan orang yang dicintai

Sesuatu yang menyenangkan bagi seseorang belum tentu sama menyenangkannya bagi orang yang lain. Seseorang bisa saja bisa tahan berjam-jam mancing ikan di empang, namun bagi orang lain mungkin satu jam pun tak tahan dan ingin segera melakukan kegiatan lain yang menurutnya lebih menyenangkan. Orang yang keranjingan berat terhadap sesuatu hal akan sulit untuk hidup normal, karena selalu terbayang-bayang akan hal yang disukainya itu sehingga dapat menyebabkan masalah maupun konflik dengan orang-orang yang ada di sekitarnya, baik kepada keluarga, teman, saudara, tetangga, dan lain sebagainya.

Sesuatu / Hal-hal yang biasa terlupakan saat melakukan sesuatu yang seru mengasyikan :

1. Lupa Makan
2. Lupa Minum
3. Lupa Istirahat
4. Lupa Mandi
5. Lupa Sholat / Ibadah
6. Lupa Kerja
7. Lupa Tidur
8. Lupa Janji
9. Lupa Belajar
10. Lupa Bergaul
11. Lupa Penyakit
12. Lupa Pulang
13. Lupa Resiko
14. Lupa Binatang Peliharaan
15. Lupa Rencana
16. Lupa Minum Obat / Memakai Obat

Macam-macam / jenis-jenis lupa di atas berbeda antara orang yang satu dengan yang lain. Yang jelas penyesalan memang datangnya belakangan ketika semuanya sudah terjadi dan menunjukkan dampak-dampak buruknya. Untuk mengatasi atau mencegahnya kita harus membatasi diri kita pada hal-hal yang tampak menyenangkan. Disiplinkan diri kita untuk melakukan sesuatu sesuai jadwalnya dan tidak boleh ada kegiatan tidak bermanfaat yang pelaksanaannya butuh waktu yang sangat lama.

Untuk orang yang beragama islam bisa diatasi dengan rajin sholat wajib berjamaah di masjid di awal waktu secara terus-menerus apapun yang terjadi. Dengan mendisiplinkan diri sendiri dengan sholat lima waktu dapat mengontrol diri dari mengerjakan hal-hal yang tidak bermanfaat yang tidak penting. Dengan ikhlas sholat lima waktu dan menjalankan ibadah lainnya demi menyembah Allah SWT, maka kita akan merasa berat untuk larut dalam kegiatan tidak berguna yang menghabiskan banyak waktu. Untuk umat agama lain mungkin bisa dengan melarang diri sendiri serta membatasi diri sendiri dalam melakukan aktivitas yang kira-kira akan banyak mengorbankan waktu kita. Terima kasih dan semoga sukses selalu.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Sesuatu Hal Yang Sering Dilupakan Saat Asyik Main Internet, Main Game, Nonton TV, Dll"

Posting Komentar