Sesuatu yang Ada Tetapi Tidak Terlihat/Kelihatan Mata Kita

Sesuatu yang tidak kelihatan belum tentu sesuatu tersebut tidak ada.  Bukan hanya karena kita tidak melihatnya lalu kita lantas mengatakan bahwa yang tidak terlihat tersebut tidak ada.  Sebelum membuat suatu kesimpulan hendaknya kita melakukan pengkajian atau analisa terlebih dahulu.  Untuk mengetahui keberadaan sesuatu yang tidak ada terkadang membutuhkan ilmu dan wawasan yang luas, serta keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa.

Contoh Beberapa Hal yang Tidak Kelihatan Namun Sebenarnya Ada :

1. Udara / Angin

Kita dapat merasakan adanya udara di sekitar kita namun kita tidak bisa melihatnya.  Jika udara tersebut bergerak, maka panca indera kita dapat merasakannya.  Saluran pernapasan kita pun juga bisa merasakan udara masuk keluar dari aktivitas bernapas yang dilakukan sepanjang hidup kita.  Udara pun juga dapat dirasakan temperaturnya, kecepatan pergerakannya, kelembabannya, dan lain sebagainya.

2. Bau / Aroma

Bau atau aroma adalah sesuatu yang dapat kita ketahui keberadaannya dengan hidung kita.  Akan tetapi mata tidaklah mampu melihat bau yang ada di sekeliling kita.  Baik bau yang sedap maupun bau yang tidak sedap semuanya tidak bisa kita lihat dengan mata kepala kita sendiri.

3. Suara / Bunyi

Suara yang kita dengar melalui telinga kita tidaklah dapat kita lihat dengan mata telanjang.  Bunyi berbentuk gelombang yang merambat di udara.  Tidak semua bunyi bisa kita tangkap oleh manusia.  Gelombang bunyi yang terlalu kecil dan yang terlalu besar frekuensinya tidak mampu didengar oleh telinga manusia normal.  Bunyi yang sangat jauh jaraknya pun tidak akan bisa terdengar

4. Rasa

Rasa manis, pahit, asam, dan asin semua tidak dapat kita deteksi hanya dengan melihat saja dengan menggunakan mata.  Perlu dicicipi oleh indera yang dapat membedakan rasa yang ada di dalam mulut kita.  Lidah merupakan salah satu panca indera yang sangat kompleks yang mampu membedakan rasa dari suatu zat.  Demikian juga dengan rasa sakit yang diderita oleh manusia tidak akan dapat dilihat dengan mata.  Penyakit fisik dan penyakit jiwa menjangkiti manusia dengan rasa yang beraneka ragam yang hanya dapat dirasakan hanya oleh orang yang mengalaminya.

5. Mikro Organisme

Sesuatu yang sangat kecil sekali memang tidak dapat dilihat dengan mata kita tanpa menggunakan alat bantu.  Bakteri, virus, kuman, sel, dan lain sebagainya yang berukuran mikroskopis harus dilihat dengan mikroskop.  Walaupun kita tidak melihat, namun kuman-kuman yang ukurannya amat sangat kecil dapat masuk ke dalam tubuh kita dan melakukan infeksi yang menyebabkan penyakit.

6. Sesuatu yang Gaib

Sesuatu hal yang banyak didustakan oleh orang-orang adalah mengenai keberadaan makhluk gaib dan Tuhan.  Tuhan Allah SWT ada di dekat kita namun banyak orang yang tidak menyadarinya.  Selain itu jin dan malaikat pun juga ada di sekitar kita.  Namun sayangnya kita tidak bisa melihat mereka, sedangkan mereka dapat melihat kita dengan jelas.  Hal-hal yang gaib adalah rahasia Allah SWT yang hanya dapat dicapai dengan keimanan serta akal pikiran yang jernih.

Demikianlah informasi ringan tentang beberapa hal yang ada namun tidak dapat dilihat dengan mata kita.  Mudah-mudahan bisa memberikan kebaikan kepada kita semua.  Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Sesuatu yang Ada Tetapi Tidak Terlihat/Kelihatan Mata Kita"

Poskan Komentar