Snack/Makanan Ringan yang Aman Dikonsumsi Manusia Bebas Bahan Kimia

Makanan ringan adalah makanan yang dimakan sebagai makanan pendamping makanan berat.  Makanan ringan sifatnya tidak mengenyangkan, walau pun tekadang bisa juga membuat kenyang jika dikonsumsi terlalu berlebihan, atau makanan ringan yang dikonsumsi berbahan dasar karbohidrat padat.  Makanan ringan modern yang kita temui di toko-toko pada umumnya telah dicampur berbagai bahan kimia yang masuk kategori zat aditif.  Contoh zat aditif dalam makanan adalah seperti zat pengawet, zat pewarna, zat penguat rasa, zat perisa, zat pemanis, zat penambah nutrisi, dan lain sebagainya.

Daftar Makanan yang Aman Dikonsumsi Tubuh karena Tidak Mengandung Bahan Kimia :

1. Buah-Buahan

Buah-buahan adalah makanan alami yang tumbuh di tanaman.  Agar bisa aman bagi tubuh buah-buahan harus dicuci bersih agar racun serangga, pupuk kimia maupun zat pengawet yang ada di permukaan kulit buah bisa hilang, sehingga buah tersebut bisa aman untuk dimakan maupun diminum manusia.  Para petani buah sangat terbiasa menggunakan bahan-bahan kimia untuk mendapatkan hasil panen buah yang baik.  Jika malas mencuci buah secara intensif sebelum dimakan, maka bisa memilih buah-buahan organik yang ditanam tanpa melibatkan bahan-bahan kimia.

2. Sayur-Sayuran

Sayur-sayuran kasusnya mirip dengan buah-buahan segar.  Harus dipastikan bersih dari berbagai bahan kimia yang menempel pada sayur mayur tersebut sebelum diolah menjadi makanan maupun dimakan langsung sebagai lalapan.  Sayuran organik pun juga kini mulai banyak tersedia di ritel-ritel modern, sehingga tidak perlu khawatir dengan kandungan bahan kimia di dalam bahan makanan.  Pilih sayur-mayur yang masih segar bugar agar kandungan gizi yang ada di dalamnya masih berada dalam kondisi yang maksimal.

3. Makanan Ringan Buatan Sendiri

Salah satu cara mendapatkan makanan kudapan atau cemilan bebas bahan kimia dan bebas rasa khawatir adalah dengan membuat makanan ringan itu sendiri di dapur.  Yang jelas harus ketat dalam memilih bahan-bahan yang digunakan.  Terkadang ada bahan-bahan pangan yang mengandung bahan kimia tanpa kita sadari.  Tidak boleh memakai gula, karena gula dibuat secara kimiawi sehingga mengandung bahan-bahan kimia.  Gunakan pemanis alami seperti daun stevia kering atau gula merah tradisional untuk memaniskan makanan.

4. Makanan Ringan (Kudapan/Cemilan) Siap Saji Bebas Bahan Kimia

Jika ada toko, warung, restoran, supermarket, minimarket, hipermarket, dan lain sebagainya yang menjual snack atau makanan-makanan ringan bebas bahan kimia, maka tidak ada salahnya untuk mencoba.  Namun harus diteliti dan dipertanyakan dahulu bahan-bahan yang digunakan untuk memproduksi makakan bebas zat aditif pangan tersebut.  Jangan sampai hanya jaminan kosong belaka, karena yang membuat snack tersebut belum sepenuhnya mengerti kandungan bahan-bahan makanan yang digunakannya untuk produksi makanan ringan.

Dengan memastikan makanan ringan yang dikonsumsi telah terbebas dari berbagai bahan-bahan kimia yang belum jelas efek sampingnya dalam jangka panjang, maka diharapkan tubuh menjadi lebih sehat.  Rasa khawatir akan terkena berbagai penyakit akibat mengkonsumsi bahan kimia tambahan dalam makanan pun bisa berangsur-angsur hilang.  Namun harus ada kedisiplinan untuk tidak jajan sembarangan agar tubuh tidak terkontaminasi bahan kimia makanan, baik yang telah dikatakan aman oleh pemerintah maupun yang belum jelas jaminan amannya bagi kesehatan.  Semoga tulisan yang ringan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua.  Kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih.

Artikel Terkait :

1 Komentar Pada "Snack/Makanan Ringan yang Aman Dikonsumsi Manusia Bebas Bahan Kimia"