Solusi, Tips dan Cara Menelepon/Telepon dan Mengirim/Berkirim SMS Gratis atau Murah Meriah

Hidup di dunia menjadi lebih mudah akibat adanya perkembangan teknologi yang semakin modern dari masa ke masa. Dulu pada tahun 80-an kita sangat sulit untuk menelepon orang, hal itu disebabkan masih jarangnya sarana telepon umum di Indonesia. Pemilik telepon juga masih terbatas, sehingga sarana penghubung antara orang yang satu dengan yang lain masih didominasi oleh kirim mengirim surat dan pesan kilat telegram yang pembayarannya dihitung berdasarkan jumlah huruf yang dikirim. Semakin jauh jarak daerah yang dituju, maka akan semakin mahal dan lama biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk mengirim pesan.

Perkembangan teknologi telepon tanpa kabel atau wireless saat ini sangat booming dan berkembang pesat di Indonesia. Operator telepon berlomba-lomba menjadi yang nomor satu dengan menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya untuk mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya.

Saat ini biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli pulsa, voucher isi ulang, abonemen, dan sebagainya masih sangat mahal dan masih di atas harga pulsa di banyak negara lain. Untuk menelepon dari seluler ke selular kita harus merogoh kocek yang lumayan. Begitu pula dengan mengirim sms yang jumlah karakternya sangat terbatas. Sebenarnya dari awal penentuan harga tarif telepon ponsel baik gsm dan cdma ditetapkan untuk membentuk persepsi konsumen bahwa harga yang wajar untuk menelepon dan layanan lainnya adalah sekian. Padahal sebenarnya cost yang ditanggung oleh operator telepon nirkabel biasanya flat. Jadi mungkin bisa saja cost yang sebenarnya dari menelepon adalah seratus rupiah permenit dan sms hanya sepuluh rupiah saja.

Daripada membuang waktu lebih baik langsung atau to the point saja :

- Telepon tanpa pulsa alias gratis
anda perlu koneksi internet yang cukup cepat untuk menggunakan layanan gratis voice messenger dari yahoo, google, skype, dan lain sebagainya. Namun penggunaannya masih terbatas untuk sesama pengguna layanan yang berbasis internet. Jadi belum bisa menelepon ke jaringan pstn dan selular yang sifatnya sangat komersial. Bagi anda yang punya jaringan komputer atau network baik tingkat kampus, kos-kosan, komplek rumah, maupun jaringan dalam rumah anda dapat mencari dan menginstall program yang memungkinkan anda untuk dapat menelepon dari satu komputer pc ke pc yang lainnya tanpa dipungut bayaran sepeser pun.

- Telepon dengan biaya Murah Abis
Ini solusi yang memerlukan sedikit modal. Anda perlu menggunakan telepon seluler atau hp cdma yang masih bisa berfungsi. Lalu beli kartu perdana operator yang berjalan di frekuensi cdma, tetapi bukan fren. Jadi pilihannya adalah telkom flexi, indosat starone, dan esia. Dengan menelepon dan ber sms melalui cdma anda sudah melakukan penghematan untuk bertelepon, tetapi belum cukup untuk sms. Biasanya kita terkena tagihan atau pengurangan pulsa 800 perak per menit untuk menelepon dari telpon selular ke selular. Dengan cdma anda cuma kena 400 rupiah saja (tarif tergantung operator masing-masing). Jika anda menelepon ke sesama pengguna cdma atau telepon rumah (lokal) anda akan hanya kena seratus perakan per 30 detik.

- Kirim sms murah
Untuk melakukannya kita harus mensurvei satu persatu tarif dari operator untuk sms. Pastikan tarif pengirimannya murah dan penerima sms sesuai dengan persyaratan. Biasanya persyaratan yang ada adalah anda hanya bisa mengirim sms murah sesama operator saja, seperti dari indosat star one ke starone. Kelemahannya adalah penerima sms biasanya harus berasal dari operator yang sama :(

- Mengirim sms gratis
Hal ini sangat mugnkin untuk dilakukan dan legal. Biasanya ketika anda mendaftar pada komunitas pelanggan masing-masing operator, anda biasanya bisa mengirim sms secara cuma-cuma. Contohnya seperti komunitas pelanggan Indosat IM3 M3-Access di www.m3-access.com, pelanggan Indosat mentari di Klub Mentari www.klub-mentari.com, telkomsel simpati zone, dan lains sebagainya. Biasanya untuk dapat menikmati sms gratis anda akan diminta untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Selain itu juga terdapat situs-situs di internet yang membelikan layanan sms gratis bagi para pengunjungnya. Anda dapat mencarinya di search engine/mesin pencari dan mencoba mana yang benar-benar memberikan sms gratis untuk wilayah jangkauan Indonesia.

Semoga Berhasil mengurangi pengeluaran anda untuk komunikasi.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Solusi, Tips dan Cara Menelepon/Telepon dan Mengirim/Berkirim SMS Gratis atau Murah Meriah"

Posting Komentar