Sumber Asal Penyebab Mimpi Buruk Pada Manusia / Orang

Secara umum mimpi buruk yang terjadi pada diri manusia disebabkan oleh ulah permainan setan yang terkutuk dari golongan jin.  Seperti yang kita ketahui bahwa setan terdiri atas setan jin dan setan manusia.  Setan malaikat tidak akan pernah ada karena malaikat diciptakan tanpa hawa nafsu dan beraktivitas hanya sesuai dengan perintah dan tuntunan dari Allah SWT.  Namun menurut para ahli yang tidak berlandaskan agama Islam, mimpi buruk tidak disebabkan oleh setan jin, akan tetapi disebabkan oleh banyak hal baik dari dalam maupun dari luar diri seseorang.

Macam-Macam Mimpi / Jenis-Jenis Mimpi Manusia (Menurut Hadist) :

1. Bisikan Hati Diri Sendiri / Imajinasi Alam Pikiran
2. Teror Dari Setan (Golongan Jin) untuk Menakut-Nakuti
3. Kabar Gembira dari Allah SWT.

Beberapa Hal yang Bisa Menyebabkan Mimpi Buruk Pada Manusia (Menurut Ahli) :

1. Stress / Depresi
2. Keturunan dari Orangtua / Riwayat Penyakit Keluarga
3. Kegalauan / Kegelisahan
4. Konsumsi Obat / Zat Tertentu
5. Perubahan Hormon

Jika kita mendapatkan mimpi buruk maka sebaiknya kita jangan panik dan segera menganggap mimpi tersebut sekedar mimpi yang tidak penting karena sudah jelas mimpi tersebut datangnya dari syetan jin yang pekerjaannya hanya menyusahkan manusia saja.  Kita pun tidak perlu takut pada syaitan karena setan itu lemah dan hanya mengandalkan tipu daya saja untuk menyesatkan dan membuat manusia menderita di dunia dan di akhirat.

Apabila mengalami mimpi buruk maka jangan kita ceritakan kepada siapa-siapa agar orang lain tidak ikut merasa takut dan khawatir pada sesuatu hal yang amat sangat tidak penting.  Jika mimpi buruk terjadi maka sebaiknya kita segera meminta perlindungan Allah SWT dari godaan setan yang terkutuk.  Setelah terbangun dan tersadar dari mimpi buruk sebaiknya meludah ke arah kiri tiga kali, berdoa meminta perlindungan dari setan dan mengubah arah tidur.

Dasar / Dalil Asal Sumber Mimpi Buruk yang Terjadi Pada Manusia / Orang :

Dalil 1 :
Dari Jabir radhiallahu ‘anhu, ada seorang Arab badui datang menemui Nabi kemudian bertanya, “Ya rasulullah, aku bermimpi kepalaku dipenggal lalu menggelinding kemudian aku berlari kencang mengejarnya”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada orang tersebut, “Jangan kau ceritakan kepada orang lain ulah setan yang mempermainkan dirimu di alam mimpi”. Setelah kejadian itu, aku mendengar Nabi menyampaikan dalam salah satu khutbahnya, “Janganlah kalian menceritakan ulah setan yang mempermainkan dirinya dalam alam mimpi” (Hadist Riwayat Muslim)

Dalil 2 :
“Mimpi itu ada tiga: (1) Mimpi yang baik sebagai kabar gembira dari Allah. (2) mimpi yang menakutkan atau menyedihkan, datangnya dari syetan. (3) mimpi yang timbul karena ilusi angan-angan atau khayal seseorang.” (Hadist Riwayat Muslim)

Hendaknya kita selalu memohon perlindungan diri dari berbagai pekerjaan setan yang ingin menghancurkan diri kita di dunia dan akhirat.  Pada dasarnya setan lebih lemah dan diciptakan tidak lebih sempurna dari manusia.  Jika iman kita kuat maka setan akan sangat takut karena kita bisa membuat setan menderita dengan doa dan bacaan Al-qur'an kita yang kita tujukan untuk menyakiti jin setan yang mengganggu diri kita.  Jadi janganlah kita galau dan sedih lagi ketika mendapatkan mimpi buruk dan mimpi sedih yang tidak jelas karena itu semua hanya omong kosong setan belaka.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Sumber Asal Penyebab Mimpi Buruk Pada Manusia / Orang"

Poskan Komentar