Tanda/Ciri-Ciri Minyak Goreng yang Sudah Jelek Tidak Layak Pakai

Dalam dunia masak-memasak minyak goreng adalah salah satu bahan masakan yang sangat penting.  Banyak sekali masakan yang membutuhkan minyak goreng sebagai bahan pembuatannya.  Entah apa jadinya dunia ini tanpa adanya minyak goreng.  Akan tetapi kita harus membatasi diri kita dari mengkonsumsi minyak goreng terlalu banyak karena bisa menyebabkan masalah kesehatan serius dalam jangka panjang.

Minyak goreng yang digunakan untuk memasak makanan harus minyak goreng yang berkualitas baik dan juga higienis.  Jangan sampai menggunakan minyak goreng yang sudah tidak layak pakai karena bisa menyebabkan penyakit pada manusia dan juga binatang.  Selain itu kita pun harus jeli dalam menentukan minyak goreng yang akan kita makan atau kita minum karena minyak goreng yang sudah sering dipakai berulang-ulang untuk menggoreng bisa mengandung racun yang tidak baik bagi manusia yang mengkonsumsinya.

Tanda/Ciri-Ciri Minyak Goreng yang Sudah Jelek Tidak Layak Pakai :

1. Memiliki aroma atau bau tengik

2. Mempunyai warna kecoklat-coklatan atau lebih gelap dari warna asalnya

3. Muncul busa-busa pada minyak goreng

4. Memiliki tekstur yang kental

5. Mengandung kadar asam lemak bebas yang tinggi

6. Minyak goreng yang sudah berkali-kali digunakan menggoreng

7. Hasil pencampuran dengan minyak goreng yang sudah sering dipakai

8. Sudah lewat batas waktu konsumsi (kedaluarsa)

---

Dalam memilih minyak goreng untuk konsumsi keluarga dan juga konsumsi diri kita sendiri lebih baik menggunakan minyak goreng yang berkualitas baik, higienis dan juga menyehatkan tubuh kita.  Namun bukan berarti masakan untuk orang lain boleh memakai minyak goreng yang berkualitas buruk.  Selain itu sebisa mungkin kita menghindari makanan yang sifatnya goreng-gorengan terutama yang deep fried karena bisa beresiko menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tanda/Ciri-Ciri Minyak Goreng yang Sudah Jelek Tidak Layak Pakai"

Poskan Komentar