Tempat Orang Berbelanja Membeli Kebutuhan Hidup Sehari-Hari

Dalam kesehariannya hidup manusia tidak terlepas dari berbagai macam urusan pemenuhan kebutuhan hidup yang beraneka ragam.  Ada kebutuhan yang bersifat terus-menerus atau rutin dan ada kebutuhan yang sifatnya sesekali saja.  Manusia membutuhkan produk baik berupa barang maupun jasa dari orang lain agar kebutuhan hidupnya terpenuhi.  Manusia akan kesulitan apabila harus memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri dari mulai yang ringan sampai yang berat.

Dalam kegiatan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari manusia melakukan transaksi jual beli.  Orang-orang menjual produk barang atau jasa yang dimilikinya dan orang yang lainnya membeli produk dari orang yang menyediakannya.  Terjadi interaksi transaksi jual beli antara manusia yang satu dengan yang lain.  Tempat-tempat tertentu dijadikan lokasi ajang transaksi jual beli antara penjual dan pembeli beserta pihak-pihak lain yang berkaitan dengan kegiatan jual beli pedagang dan konsumennya.

Tempat Orang-Orang Membeli Produk / Barang yang Dibutuhkan Sehari-Hari :

1. Pasar

Pasar adalah tempat banyak penjual menawarkan barang dagangannya kepada penunjung yang datang.  Pasar biasanya adalah tempat yang relatif luas dengan banyak penjual yang menjajakan barang dagangannya.  Pasar bisa buka setiap hari dan bisa juga hanya buka pada saat-saat tertentu saja.  Pasar biasanya identik dengan tempat bertemunya penjual dan pembeli dengan kondisi yang ala kadarnya mengkuti situasi dan kondisi yang ada.

2. Warung / Toko

Toko atau warung adalah tempat pedagang menawarkan barang yang dijual dengan memilih lokasi yang dekat dengan konsumen tingkat akhir atau konsumen tangan terakhir.  Orang-orang biasanya banyak membeli barang kebutuhannya di toko atau warung yang ada di sekitar rumah tempat tinggalnya jika tidak ada bentuk tempat belanja lainnya di tempat tersebut.

3. Supermarket / Minimarket / Hipermarket

Supermarket adalah toko yang berukuran besar yang menawarkan berbagai jenis produk barang kepada para konsumennya.  Supermarket biasanya dimiliki oleh suatu perusahaan yang memiliki banyak pegawai.  Kondisi fisik supermarket biasanya jauh lebih bagus daripada toko biasa dan pasar serta memiliki pendingin udara yang membuat para pembeli betah berlama-lama berbelanja di dalamnya.

4. Agen

Agen biasanya menawarkan harga produk yang lebih murah daripada toko biasa dan supermarket namun barang yang dibeli harus dalam jumlah yang banyak.  Dengan kata lain toko agen adalah tokok grosir yang lebih sering melayani pembeli yang menjual kembali produk yang dibelinya kepada orang lain (toko).  Agen tidak melayani pembelian satuan dan melayani pembelian dalam jumlah tertentu yang lebih dari satu.

5. Pedagang Keliling

Pedagang keliling adalah pedagang yang tidak berjualan menetap pada suatu tempat.  Pedagang keliling menawarkan produk yang dijualnya dengan gerobak, sepeda, sepeda motor, mobil, maupun tanpa menggunakan apa-apa.

6. Mall / Plaza

Mall atau plaza merupakan pusat perbelanjaan modern yang mirip dengan pasar namun para penjualnya berada di suatu lingkungan yang sangat nyaman dan modern sehingga nyaman untuk dijadikan tempat berbelanja oleh masyarakat.  Namun biasanya harga barang-barang di mall lebih mahal daripada di tempat lainnya.  Biasanya di suatu mall atau plaza juga terdapat supermarket atau hipermarket di dalamnya.

----

Demikianlah paparang singkat mengenai beberapa tempat yang biasa menjadi tempat dilakukannya transaksi jual beli barang atau jasa antara pembeli dan penjual.  Mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua.  Atas segala kekurangan dan kesalahan yang mungkin ada kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tempat Orang Berbelanja Membeli Kebutuhan Hidup Sehari-Hari"

Poskan Komentar