Tanda / Ciri Orang yang Butuh Bantuan Sedang Dalam Masalah

Hidup manusia tidak terlepas dari masalah yang datang terus-menerus silih berganti.  Masalah hidup adalah salah satu bentuk dari ujian yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia untuk melihat seberapa besar keimanan dan ketakwaan seseorang.  Baik tua maupun muda, kaya maupun miskin, pintar maupun bodoh, semua sama-sama punya masalah masing-masing.  Orang yang sedang dirudung masalah biasanya menampilkan ciri-ciri atau tanda yang khas.

Gejala, Tanda-Tanda atau Ciri-Ciri Seseorang yang Sedang Menghadapi Masalah dan Butuh Pertolongan :

1. Terlihat Murung Tidak Seperti Biasanya

Orang yang sedang punya masalah pelik biasanya wajahnya akan terlihat muram tidak seperti hari-hari biasanya.  Berbagai macam perasaan negatif bercampur aduk seperti galau, was-was, khawatir, stres, sedih, putus asa, dan lain sebagainya.  Jadi wajar saja jika wajah orang yang sedang mendapat masalah agak sedikit berubah ke arah yang lebih buruk.

2. Banyak Pikiran dan Suka Melamun

Karena masalah yang dihadapi sulit untuk dipecahkan, maka orang yang punya masalah tersebut akan terlihat seperti kosong pikirannya entah karena memikirkan masalahnya atau karena sedang mengosongkan pikirannya sejenak setelah lelah memikirkan masalah yang dihadapinya.

3. Sering Salah Melakukan Sesuatu yang Biasa

Akibat dari terlalu banyak memikirkan masalah yang sedang dihadapi maka efeknya adalah bisa terbawa pada aktivitas yang sedang dilakukan.  Ketika melakukan pekerjaan pun menjadi kurang semangat dan kurang mood.  Dampak yang mungkin bisa terjadi yaitu seperti pekerjaan diselesaikan lebih lama atau bahkan melakukan kesalahan kerja yang seharusnya tidak terjadi.

4. Menceritakan Masalah Kepada Orang Lain

Seseorang yang tidak dapat mengatasi masalahnya sendiri bisa saja berusaha mencari masukan atau bimbingan dari orang lain yang kira-kira bisa membantu masalahnya.  Jadi bisa saja kita mengetahui bahwa seseorang punya masalah dari orang lain yang diceritakan orang yang punya masalah.

-----

Jika menemukan teman, tetangga, keluarga, atau orang yang belum dikenal yang kira-kira sedang punya masalah yang pelik maka hendaknya kita membantu.  Bisa saja masalah yang dihadapi orang tersebut adalah masalah yang biasa-biasa saja menurut kita.  Menolong orang mengatasi masalah yang dihadapinya bisa dalam berbagai bentuk seperti saran, masukan, bimbingan, pengajaran, uang, pinjaman uang atau benda, dan lain sebagainya.

Membantu orang lain menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya adalah suatu perbuatan baik.  Tentu saja kita harus menolong problema orang lain tanpa pamrih alias tidak meminta imbalan dalam bentuk apa-pun.  Hendaknya kita utamakan membantu secara tulus ikhlas, biarlah nanti Allah SWT yang membalasnya baik di dunia maupun di akhirat.  Mudah-mudahan kita semua diberikan kebaikan yang berlipat ganda oleh Allah SWT.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tanda / Ciri Orang yang Butuh Bantuan Sedang Dalam Masalah"

Poskan Komentar