Tidak Boleh Curang Dalam Dagang, Usaha, Bisnis, Kerja, Dll - Larangan Islam

Kita semua tahu bahwa kegiatan jual beli atau transaksi perdagangan yang ada di sekitar kita tidak selamanya dilakukan dengan kejujuran sesuai dengan perintah agama. Walaupun Nabi Muhammad SAW sudah mencontohkan kepada umatnya bahwa dengan modal jujur bisa membawa kesuksesan besar dalam perdagangan, namun tetap saja masih banyak orang yang lebih menyukai keuntungan besar sesaat walaupun hukumnya haram.

Arti Surat Al-Muthoffifin ayat 1 sampai dengan 3 :
"Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang. (Yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi. Dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi."

Melakukan tindak kecurangan dalam berbagai hal dalam kehidupan merupakan perbuatan dosa. Bukan hanya dosa biasa namun Allah SWT menyebutnya sebagai kecelakaan yang besar. Tidak hanya dalam urusan timbang-menimbang barang dagangan dalam jual beli, akan tetapi bisa kita perluas lagi sebagai tindakan lain seperti korupsi, pembayaran upah pekerja dikurangi, pom bensin curang, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu mari kita selamatkan diri kita dari kecelakaan besar yang diancam langsung oleh Allah SWT kepada orang-orang yang berbuat curang. Kenikmatan surga jauh lebih nikmat daripada kenikmatan dunia yang semu dan hanya berlaku sementara saja. Jadilah orang yang jujur karena orang jujur akan disukai oleh banyak orang dan tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti bisa diberikan sukses dari Alloh SWT amin.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tidak Boleh Curang Dalam Dagang, Usaha, Bisnis, Kerja, Dll - Larangan Islam"

Posting Komentar