Tingginya Kandungan Kolesterol Pada Buah Durian/Duren Hanya Mitos

Sebagian orang sangat pantang makan durian (duren) karena dipercaya bahwa kandungan kolesterol jahat pada buah durian sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan suatu penyakit bertambah parah.  faktanya adalah hal tersebut tidaklah benar.  Selama buah duren dimakan tidak secara berlebihan dan dalam kondisi tidak dilarang dokter maka makan buah durian itu boleh-boleh saja.  Tidak hanya rasanya yang sangat enak saja, durian juga mengandung aneka nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Salah satu fakta tentang durian yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia adalah bahwa buah durian mengandung kolesterol dalam jumlah besar dan harus dipantang oleh orang-orang yang kadar kolesterol dalam darahnya tinggi.  Padahal buah durian tidak mengandung kolesterol karena pada dasarnya kolesterol hanya ada di dalam makanan dan minuman yang berbahan dasar dari hewan.  Selama dikonsumsi dalam batasan yang wajar dan dalam kondisi tubuh yang sehat, buah duren tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan maupun penyakit yang membahayakan.  Selain itu buah durian juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh manusia.

Buah durian yang kaya akan zat gizi merupakan salah satu alasan yang tepat bagi seseorang untuk mengkonsumsinya.  Makan buah duren sebanyak 100 gram saja bisa memberikan banyak gizi ke dalam tubuh.  Ada kandungan vitamin B, vitamin C, vitamin E, zat besi, protein lembut, asam amino triptofan, lemak mentah, dan lain sebagainya.  Namun untuk orang yang dilarang makan durian seperti orang yang terkena penyakit darah tinggi (hipertensi) dan perempuan yang sedang mengandung (hamil) tidak disarankan makan buah durian yang rasanya enak tersebut.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tingginya Kandungan Kolesterol Pada Buah Durian/Duren Hanya Mitos"

Posting Komentar