Tips Cara Backup File Foto/Gambar Digital Di Internet Sebagai Cadangan

Dunia digital dalam fotografi sudah diterima oleh masyarakat Indonesia yang dapat kita lihat dari makin banyak orang yang memiliki kamera digital, semakin banyak jasa cetak foto digital, semakin banyak handphone yang bisa mengambil gambar foto digital, dan lain sebagainya. Bisa dibilang dunia fotografi biasa yang menggunakan film sudah hampir ditinggalkan. Untuk membuat pas foto pun kebanyakan tempat photo sudah beralih ke foto digital.

Orang yang sudah terbiasa foto-memoto dengan kamera digital baik dengan digicam maupun hape pasti memiliki banyak arsip file foto digital baik dalam bentuk cd atau dvd maupun dalam bentuk mentah yang tersimpan di harddisk, memory card, memory kamera, dan lain-lain. Jika hanya disimpan di hp, komputer atau laptop ada resiko kita kehilangan file foto kita akibat tidak sengaja terhapus, terformat, rusak, dicuri, lupa menaruh, dan lain sebagainya. Untuk itulah sebaiknya selain kita simpan di media penyimpanan, juga kita cetak di kertas foto kualitas bagus dan juga disimpan di internet.

Bagaimana teknik cara penyimpanan foto digital di Internet, berikut saya sampaikan caranya secara umum :

1. Simpan Di Email Kita Sendiri

Banyak layanan email yang memberikan space yang besar untuk email beserta file lampiran-lampirannya termasuk file foto. Kita bisa membuat email dengan lampiran foto kita sendiri lalu kirim ke alamat email kita sendiri dan beberapa email lain milik kita sendiri. Boleh saja kita kirim ke anggota keluarga lain atau teman setelah kita diizinkan untuk melakukannya.

2. Simpan Di Blog atau Website Kita

Banyak blog gratis yang memperbolehkan kita menampilkan foto-foto kita dalam tulisan ataupun dalam galeri foto kita. Manfaatkan saja jika kita ingin foto tersebut dilihat oleh masyarakat umum. Atau bisa juga jika kita punya akun web hosting yang memperbolehkan kita meletakkan file pribadi yang tidak untuk dipublikasikan di servernya.

3. Simpan Di Website Penyedia Layanan Penyimpanan Foto Digital

Ada banyak sekali website yang memberikan layanan gratisan kepada para pengguna internet untuk menyimpan foto-fotonya dengan berbagai fitur tambahan seperti kemampuan untuk mengedit foto secara online, mencetak dan mengirim foto kita, dan lain sebagainya. Anda bisa survey sendiri untuk mencari tahu situs web mana yang memberikan layanan penyimpanan foto online yang cocok buat anda.

4. Simpan di Situs Web Jejaring Sosial

Banyak orang yang sudah bergabung dan aktif berinteraksi dengan website jaringan sosial di internet karena diajak teman. Bisa jadi secara tidak sadar kita merupakan salah satu penggunanya. Manfaatkan saja layanan berbagi foto yang ada untuk menyimpan foto-foto kita. Nanti kita bisa melakukan setting album foto kita untuk menentukan siapa saja yang boleh melihatnya dan siapa yang tidak diperbolehkan mengaksesnya.

-----

Silahkan anda mempelajari lebih rinci serta melakukan ekperimen coba-coba bekap langsung live di internet. Untuk pemula sebaiknya gunakan layanan yang gratisan saja untuk mengetahui apakah kita cocok atau tidak dengan layanan berbayar tersebut. Semoga tips ringan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Info Tambahan :
Dalam hukum islam ada pendapat ulama yang mengatakan memiliki atau membuat foto makhluk hidup dilarang. Silahkan anda cari sendiri informasinya jika anda ingin mengetahui lebih lanjut.

Artikel Terkait :

1 Komentar Pada "Tips Cara Backup File Foto/Gambar Digital Di Internet Sebagai Cadangan"