Waspada Ditawari Produk Dengan Harga Murah Di Bawah Harga Pasar (Penipuan)

Dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari transaksi perdagangan baik jual maupun beli. Untuk mencukupi kebutuhan hidup, kita harus mendapatkan barang ataupun jasa dari pihak lain yang menawarkan barang dan jasanya kepada kita. Karena tidak semua orang memiliki sifat dan itikad baik, maka kita perlu waspada dalam bertransaksi jual beli agar tidak mudah ditipu orang jahat. Penipuan yang terjadi pada diri kita dapat menimbulkan kerugian baik besar maupun kecil.

Penipu macam ini biasanya lebih suka menggunakan teknik promosi dan transaksi jarak jauh. Promosi penjahat penipu ini bisa menggunakan sms spam, email spam, website toko online, forum komunitas, telepon, selebaran, poster, iklan di koran, iklan internet, dan lain sebagainya. Penipu ini lebih senang memakai sistem pembayaran transfer atm rekening bank. Pelaku biasanya menggunakan identitas orang lain yang tidak bersalah yang dipinjam rekening banknya.

Berikut Ciri-Ciri / Tanda-Tanda Penipuan Produk Berharga Murah :
1. Harganya di bawah pasar walaupun kadang tidak terlalu jauh dari harga wajar.
2. Pemain baru yang belum dikenal sepak terjangnya
3. Tidak dapat memperlihatkan barang yang dimilikinya
4. Mengharuskan membeli produk lain terlebih dahulu
5. Tidak mau atau tidak memungkinkan diajak transaksi bertemu muka secara langsung atau COD (cash on delivery)
6. Menolak menggunakan jasa pembayaran lewat rekening bersama (rekber) oleh pihak ketiga sebagai perantara transaksi dagang.

Oleh karena itu kita harus selalu hati-hati dalam melakukan transaksi jual beli jarak jauh tanpa bertemu langsung agar terhindar dari tipuan kotor para penipu yang hanya mengincar uang kita saja. Beli selalu barang dari penjual yang punya nama dan sepak terjang yang baik, mau bertemu langsung dengan kita, memperbolehkan kita melihat dan mencek kualitas barangnya, dan lain sebagainya.

Jangan mudah terpancing dengan harga murah dengan jangka waktu penawaran yang terbatas karena hal itu dapat membuat kita tidak rasional dalam mengambil keputusan akibat tergesa-gesa. Manfaatkan waktu kita dengan santai untuk mempelajari produk dan pedagangnya agar tidak jatuh ke dalam jebakan para penipu-penipu ulung.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Waspada Ditawari Produk Dengan Harga Murah Di Bawah Harga Pasar (Penipuan)"

Posting Komentar