Tips Cara Melihat/Mengetahui Link Asli Short URL (Pemendek Alamat Web)

Di internet tersebar berbagai link atau url (uniform resource locator) untuk menuju ke suatu halaman website tertentu.   Alamat web yang link tuju bisa alamat internet yang sama maupun yang berbeda dari halaman web yang sedang diakses.  Dengan adanya link maka kita akan menjadi mudah untuk mendapatkan informasi tambahan dari informasi yang telah ada.  Hanyak tinggi klik maka kita akan sampai ke halaman web tujuan.  Tidak perlu lagi melakukan copy paste alamat url tujuan di web browser kita.

Salah satu bentuk link yang biasa kita temukan di dunia maya adalah link pendek.  Link pendek atau short url apabila diklik akan membawa kita ke suatu alamat web yang berbeda dari alamat link pendek yang kita lihat pertama kali.  Link pendek biasanya dipakai orang untuk menyembunyikan url yang enggan diklik oleh masyarakat pengguna internet atau sekedar untuk menyederhanakan alamat url yang panjang menjadi pendek sehingga mudah untuk disebarluaskan.  Pemendek url biasanya disediakan secara cuma-cuma dari perusahaan penyedia layanan tertentu di internet.

Contoh Beberapa Layanan Pemendek URL / Link yang Terkenal di Dunia :

1. bit.ly
2. goo.gl
3. t.co
4. de.tk
5. tinyurl.com
6. adf.ly
7. fb.me
8. ow.ly
9. is.gd
10. su.pr

Misalkan ada suatu alamat web yang panjang seperti ini :

http://www.domain.com/panjang-panjang-panjang-panjang-panjang-panjang-panjang-panjang-panjang-sekali-luar-biasa.html

Yang ingin dipendekkan di suatu layanan pemendek link url, maka jadinya yaitu seperti ini :

http://doma.in/5h0rT

cukup pendek bukan.

mengunjungi link pendek akan secara otomatis menuju ke link panjang.

Melihat yang Tersembunyi di Balik Short URL (URL Pendek) :

Namun masalahnya adalah kadangkala kita terganggu dengan url-url pendek tersebut.  Banyak url pendek yang ditujukan ke halaman web yang tidak menyenangkan, tidak menarik, tidak sopan, tidak berhubungan, tidak senonoh, tidak aman, menjual mimpi, dan lain sebagainya.  Bagaimana kita bisa melihat url panjang yang tersembunyi di balik url pendek tersebut?

Jika anda ingin mengetahui link panjang sebuah link pendek, maka anda butuh bantuan dari pihak lain yang ada di internet.  Caranya cukup mudah, anda cukup mencarinya di mesin pencari (search engine) dengan kata kunci "decode short url", "expand short url", "unshorten short url", dan lain sebagainya.  Jika anda malas mencari sendiri maka salah satu penyedia layanan gratis pemanjang url pendek adalah www.longurl.org.  Dengan bantuan website tersebut anda akan dengan mudah melihat link asli atau url asli dari url yang dipendekkan.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Melihat/Mengetahui Link Asli Short URL (Pemendek Alamat Web)"

Poskan Komentar