Cara Membuat Situs Web dengan Sub Domain .go.id .co.id .or.id & .id Lainnya Gratis

Apabila anda ingin membuat blog atau website dengan akhiran domain .go.id, .co.id, .or.id, .desa.id, .sch.id, .ac.id, dan .id lainnya gratis maka anda bisa mendapatkannya secara cuma-cuma alias gratis.  Namun anda hanya bisa mendapatkan subdomainnya saja seperti anda.domain.go.id sedangkan domainnya tidak bisa anda ganggu gugat sedikit pun.  Ini akan jauh lebih baik daripada mengusahakan domain .id tersebut di atas sendiri karena membutuhkan berbagai berkas-berkas resmi dari perusahaan, yayasan, lembaga, organisasi atau dari pemerintah.  Paling-paling jatuhnya anda hanya bisa mendapatkan domain .id, .web.id atau .my.id saja.  Itu pun juga dikenai biaya iuran pendaftaran, tahunan, komisi pengecer domain, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan sub domain .id gratis untuk digunakan website atau blog, anda tinggal mengunjungi website http://afraid.org di internet.  Di website afraid tersebut anda cukup mendaftar akun baru saja lalu mulai mencari sub domain .id gratis di bagian registry.  Ketikkan akhiran domain yang ingin anda pakai seperti .ac.id, .go.id, .sch.id, .desa.id, .mil.id, .co.id, atau .id untuk melihat seluruh domain indonesia yang dapat digunakan secara cuma-cuma.  Nanti akan muncul berbagai pilihan domain yang dapat anda miliki subdomainnya secara cuma-cuma.  Setelah menemukan domain yang cocok maka anda klik saja lalu masukkan nama subdomain dan settingan khusus untuk mencapai akun web hosting anda.  Jika bingung anda cukup forward / redirect saja subdomain .id tersebut ke website / blog anda.  Mudah bukan?

Sebaiknya anda memilih domain yang berstatus public (publik) karena yang berstatus private (pribadi) biasanya lebih ketat dalam menentukan siapa yang boleh menggunakan subdomainnya.  Yang pasti subdomain .id gratisan tersebut dapat hilang sewaktu-waktu apabila pemilik domain menarik diri dari layanan dari afraid.org tersebut.  Tidak ada yang abadi dalam dunia gratis-gratisan di internet.  Yang jelas anda harus bisa menjaga nama baik domain yang anda pakai.  Jika anda menggunakan subdomain untuk tujuan yang tidak-tidak maka anda bisa segera kehilangan subdomain anda karena layanan anda diblokir oleh sang pemilik domain berakhiran id tersebut.  Bukan hal yang tidak mungkin sang pemilik domain membawa masalah anda ke ranah hukum.

Dengan settingan tertentu pun anda bisa menikmati alamat email dengan domain .id, .go.id, .ac.id, .co.id, .mil.id, .or.id, .web.id, .net.id, .my.id, dan lain sebagainya.  Hingga saat ini memang domain .id belum bisa didapatkan, namun sebentar lagi domain .id bisa langsung didaftarkan di pandi (pengelola nama domain indonesia) dengan tarif yang sangat mahal.  Akan tetap anda dapat memperoleh subdomainnya di afraid.org secara gratis terbatas.  Selamat mencoba menggunakan sub domain gratis .id di internet dan semoga berhasil dengan baik, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Cara Membuat Situs Web dengan Sub Domain .go.id .co.id .or.id & .id Lainnya Gratis"

Posting Komentar