Tips Cara Membuat Minuman Sirup yang Enak dan Segar Buatan Sendiri

Sirup adalah cairan kental manis yang memiliki rasa yang beraneka ragam tergantung dari jenis sirupnya.  Ada banyak rasa sirup seperti rasa cocopandan, rasa anggur, rasa jeruk, rasa melon, rasa strawberry, rasa sirsak, rasa lechi, dan lain sebagainya.  Biasanya sirup menggunakan bahan utama gula dari tebu sebagai pemanisnya.  Pada umumnya sirup dikemas di dalam botol kaca sehingga penampilannya terlihat lebih berkelas.

Untuk membuat minuman sirup caranya cukup mudah.  Yaitu anda cukup menyiapkan gelas atau cangkir yang berisi air putih dan sirup rasa apa saja.  Tuang cairan sirup kental yang telah disiapkan tadi ke dalam gelas atau cangkir yang berisi air putih siap minum higienis.  Jangan terlalu banyak mencampur sirup dengan air karena rasanya bisa terlalu manis sehigga kurang nikmat rasanya.  Kurang lebih cukup sekitar sepersepuluh bagian dari air.  Jika airnya 200 mililiter, maka sirupnya sekitar 20 mililiter saja.  Aduk-aduk air sirup tadi dengan menggunakan sendok bersih agar tercampur rata.

Jika setelah dicicipi ternyata sirupnya kurang terasa maka bisa ditambahkan sirup lagi seperlunya.  Jika setelah dicicipi ternyata rasanya kemanisan maka tuangkan sebagian air sirup ke wadah kosong lalu gelas atau cangkir tadi ditambah air putih hingga penuh.  Ulangi cara tersebut di atas jika rasanya masih belum sesuai dengan yang diharapkan.  Jika ingin rasanya sirupnya lebih unik anda bisa mencampurkan sirup rasa lain secukupnya.

Minum sirup bisa dicampur dengan air es atau es batu agar menjadi dingin.  Bisa juga ditambah air panas apabila ingin minum sirup yang hangat-hangat.  Jika anda punya jiwa kreativitas yang tinggi anda dapat memadukan dengan bahan-bahan pangan lainnya yang kira-kira dapat membuat rasa minuman sirup menjadi lebih enak.  Jika rasanya tidak enak, maka besok-besok jangan membuat resep sirup yang sama.  Namun apabila rasanya enak, maka anda bisa membuatnya lagi di lain waktu atau bahkan mengkreasikan dengan tehnik-tehnik lainnya sesuai dengan selera anda.  Selamat mencoba dan berkreasi dengan sirup, semoga hasilnya enak dan menyegarkan haus dahaga anda dan orang-orang yang anda sayangi.

Perhatian :
Gula tidak baik untuk kesehatan anda jika dikonsumsi berlebihan.  Untuk lebih amannya sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung gula.  Biarlah tubuh mendapatkan asupan gula dari makanan yang kita makan saja.  Gunakan minuman yang menggunakan pemanis alami seperti gula aren, stevia kering, dan lain sebagainya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Membuat Minuman Sirup yang Enak dan Segar Buatan Sendiri"

Posting Komentar