Tips Cara Meminta Bantuan/Dibantu Pekerjaan Pada Teman Kerja di Kantor

Pada saat-saat tertentu di mana terdapat setumpuk kerjaan menanti untuk dikerjakan dan kemungkinan besar akan ada yang keteteran, jalan keluar yang terbaik adalah meminta bantuan kepada teman-teman kita yang ada di kantor untuk secara sukarela membantu kita yang sedang kesulitan. Berikut ini adalah tips dan trik ringan serta etika cara minta dibantu menyelesaikan pekerjaan kita pada teman kita di kantor yang baik :

1. Lihat Situasi dan Kondisi

Lihatlah kondisi dan situasi pada teman kita apakah sedang sibuk juga atau sedang tidak sibuk. Jika sedang sibuk sebaiknya jangan meminta bantuan, namun jika tidak banyak pekerjaan atau sedang senggang maka tidak ada salahnya kita meminta bantuannya untuk membantu membereskan pekerjaan kita.

2. Pendekatan

Jangan langsung to the point minta bantuan tanpa ba bi bu, akan tetapi ajak ngobrol basa-basi dulu untuk melihat mood teman kita itu sedang baik atau sedang buruk mudnya. Jika teman kita tampak sedang senang dan baik hati, maka kita bisa meminta bantuan sekedarnya dari teman kita itu untuk membantu kita menyelesaikan tugas-tugas yang menumpuk dan menunggu sesegera mungkin untuk diselesaikan.

3. Memohon Bantuan Sebisanya

Utarakan maksud kita dengan cara baik-baik sambil tersenyum penuh arti persahabatan dengan wajah setengah santai setengah serius. Ceritakan situasi dan kondisi yang sedang mendera diri kita dan ceritakan pula bantuan apa yang kita harapkan dari diri teman kita itu. Gunakan kata-kata kuncinya seperti tolong, please, baik, sebisanya, dan lain-lain.

4. Beri Pujian dan Ucapan Terima Kasih

Jika teman kita telah memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya, maka ucapkan terima kasih banyak dan berilah pujian yang baik-baik serta wajar kepadanya. Kalaupun teman kita itu tidak banyak membantu tetap harus kita beri ucapan terima kasih dan pujian sewajarnya. Mungkin suatu saat kita butuh bantuannya lagi dia tidak akan jual mahal kepada kita.

5. Siap Sedia Membantu Kembali / Balas Jasa / Timbal Balik

Jika suatu saat nanti teman kita yang butuh bantuan kita, maka berikan bantuan sebisa kita walaupun kita juga sedang sibuk. Tetap bina hubungan baik dengan teman-teman kita walaupun dengan teman yang tidak baik sekalipun. Kalau bisa kita jadi orang yang membantu orang lain tanpa diminta dan tanpa pamrih pada orang-orang sekantor. Dengan begitu mereka pun akan senang kepada kita dan tidak akan segan-segan membantu kita jika melihat kita butuh bantuan tanpa kita minta.

Sekian terima kasih, silahkan beri tambahan jika berkenan lewat fitur komentar di bawah ini.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Meminta Bantuan/Dibantu Pekerjaan Pada Teman Kerja di Kantor"

Posting Komentar