Hal/Sesuatu Yang Sangat Berharga Bagi Kita Namun Tidak Berharga Bagi Orang Lain

Dalam hidup ini terdapat suatu nilai-nilai yang relatif yang besaran nilainya akan berubah-ubah tergantung siapa yang memandangnya. Namun ada juga sesuatu yang tetap memiliki nilai yang tinggi bagi banyak orang. Yang jelas sesuatu yang bagi kita berharga belum tentu dianggap berharga juga bagi orang lain. Walaupun bagi kita sesuatu tersebut memiliki nilai yang tidak ternilai harganya, bagi orang lain mungkin hanyalah sampah belaka.

Mari kita lihat apa saja yang masuk dalam kategori sesuatu yang sangat berharga bagi diri kita namun tidak berharga bagi orang lain :

1. Surat-Surat Berharga Pribadi

Siapa yang peduli dengan dokumen penting kita seperti KTP, SIM, STNK, BPKB, Ijazah, Buku Nikah, Akte Kelahiran, Paspor, Surat Cinta, dan lain sebagainya kalau bukan kita sendiri dan keluarga kita. Buat orang lain itu semua mungkin hanya kertas biasa yang tidak banyak manfaatnya. Tidak menutup kemungkinan apabila seseorang menemukan surat yang kiranya berharga bagi orang lain akan diantar ke alamat pemilik baik karena pamrih maupun tanpa pamrih (balas jasa).

2. Benda-Benda Kenangan / Favorit

Benda-benda yang kita suka atau yang mengandung kenangan tertentu akan sangat bernilai sekali bagi kita, seperti misal piala, piaga penghargaan, foto-foto pribadi, benda koleksi, baju kesukaan, benda pemberian pacar, benda peninggalan seseorang, barang antik, dan masih banyak lagi yang lainnya. Orang lain belum tentu mau kita berikan benda-benda tersebut karena hanya kita saja yang tahu sejarah dan nilai benda tersebut.

3. Keluarga

Orang-orang terdekat kita adalah orang-orang yang paling kita sayangi melebihi orang lain. Orang-orang seperti ayah, ibu, kakek, nenek, adik, kakak, anak, isteri/suami, cucu, keponakan, paman, bibi, dan lain sebagainya mungkin tidak akan pernah bisa tergantikan oleh apapun juga. Tanpa mereka hidup kita akan menjadi sebatang kara dan hidup akan menjadi terasa sepi. Bagi orang lain, keluarga kita hanyalah orang biasa yang ada di sekitar mereka.

4. Kampung Halaman

Setiap lebaran dan libur panjang biasanya banyak orang-orang pulang mudik ke kampung halamannya. Walaupun butuh pengorbanan yang besar namun pulang ke kampung halaman adalah sesuatu yang sangat penting artinya. Bagi kita yang tidak punya kampung atau telah hidup menetap di tempat kita berada sejak kecil kebiasaan pulang kampung orang lain adalah sesuatu yang berlebihan.

5. Orang Yang Kita Cintai

Kita pasti tahu seberapa berharga pacar atau pasangan hidup kita yang kita cintai. Mungkin tak ternilai dengan uang atau apapun juga. Saking cintanya kita tidak ingin kehilangan dirinya dan ingin selalu ikut bersamanya ke mana pun dia pergi. Bagi orang lain orang yang kita cintai mungkin tak lebih hanya dipandang sebagai orang biasa-biasa saja. Wanita yang menurut kita cantik belum tentu dibilang cantik juga oleh teman kita.

6. Urusan kita

Di jalan raya milik umum yang padat biasanya orang tidak mau saling mengalah dan tidak peduli dengan urusan orang lain. Orang banyak yang main serobot, main salip, main ngebut, main selonong, semua itu karena lebih mementingkan urusan masing-masing. Terkadang kita punya urusan penting yang mendesak, namun orang lain banyak yang tidak peduli dengan urusan kita. Namun bagi daerah dengan adat budaya tertentu mungkin urusan kita juga penting bagi orang-orang di sekitar kita.

7. Anggota Tubuh Kita

Berapa harga sebelah mata anda ketika anda sedang tidak ingin menjualnya? Sudah pasti tidak ternilai harganya bukan?  Semua uang di dunia ini belum tentu bisa digunakan untuk membeli sebuah biji mata kita.  Namun ketika kita meninggal tubuh kita akan dikubur oleh keluarga dan tetangga-tetangga kita tanpa ragu-ragu sedikit pun untuk menjadi santapan bagi binatang-binatang yang ada di dalam tanah.

Jika ada yang mau menambahkan silahkan tambahkan suarau anda melalui fitur komentar di bawah tulisan ini. Terima kasih

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Hal/Sesuatu Yang Sangat Berharga Bagi Kita Namun Tidak Berharga Bagi Orang Lain"

Posting Komentar