Tips Cara Menghemat Ongkos Kirim/Biaya Ongkir Murah Transaksi Belanja Online

Bagi anda yang gemar berbelanja berbagai barang maupun jasa secara online di internet pasti sudah tahu dengan yang namanya ongkos kirim alias ongkir pada setiap pengiriman barang. Ada toko online yang memberikan ongkir gratis dan adapula yang mengenakan tarif biaya pengiriman normal yang dibebankan kepada konsumen.

Bagi anda yang tinggal di daerah dengan biaya pengiriman atau ongkos kirim yang mahal dari kota-kota besar di indonesia, mungkin akan sangat kecewa dengan kondisi pengiriman barang atau perposan yang ada. Di mana anda harus mengeluarkan uang yang jauh lebih banyak daripada orang lain yang tinggal di kota-kota besar. Bayangkan jika tarif dari DKI Jakarta ke kota anda adalah Rp. 40.000,- per kg. Sudah pasti belanja online jadi kurang menyenangkan.

Berikut ini ada beberapa tips cara untuk mengakali mahalnya harga ongkos kirim (ongkir) tarif pengiriman barang hasil transaksi belanja online anda :

1. Membeli Barang Sejumlah yang Sesuai Dengan Berat dan Volume

Sayang sekali jika anda hanya membeli barang yang kecil dan ringan karena biasanya jasa pengiriman dihitung berdasarkan kelipatan berat dan volume. Daripada melakukan pembelian berulang-ulang, lebih baik cari toko online yang menjual barang-barang yang anda butuhkan dalam satu toko, sehingga barang-barang tersebut dikemas dalam satu paket dengan hanya satu ongkos kirim yang harus dibayar.

2. Minta Dikirim dengan Paket atau Jasa Pengiriman Tertentu

Jika penjual terbiasa menggunakan paket pengiriman yang biasa, maka anda bisa minta dikirimkan dengan paket yang lebih ekonomis dari segi ongkos kirim atau meminta dikirimkan melalui jasa pengiriman / jasa ekspedisi barang lain yang lebih murah namun tetap berkualitas. Mungkin akan berpengaruh terhadap lamanya barang akan anda terima dan juga kualitas layanan yang anda terima.

3. Kirim ke Kota Lain yang Sering Anda Kunjungi

Jika anda punya tempat kerja, tempat main, tempat teman, tempat saudara, tempat rekanan, dan lain sebagainya di kota lain yang sering anda kunjungi, maka anda bisa coba mengirim barang anda ke sana. Namun anda harus pastikan bahwa tarif ongkos kirim dari kota besar ke kota tersebut lebih murah daripada ongkis dari kota besar ke kota anda. Pastikan juga orang yang mau anda titipkan barang kiriman untuk anda bisa dipercaya dan mau menerima dan dititipi barang oleh anda.

4. Mencari Penjual yang Memberi Ongkos Kirim Gratis atau Murah

Bandingkan saja antara penjual yang satu dengan yang lain dengan barang incaran yang sama. Mungkin saja ada penjual yang menawarkan biaya ongkos kirim yang lebih murah atau bahkan gratis. Untuk pengiriman luar negeri antar negara biasanya biaya pengiriman dari eropa ke indonesia lebih murah daripada biaya kirim dari amerika serikat ke indonesia.

5. Menggunakan Jasa Combine Shipping dan Forwarder

Akan lebih hemat apabila kita memilih penjual yang dalam mengirim barang tidak mengirimnya satu persatu, namun digabung dahulu, baru dibungkus dan dikirim ke alamat tujuan agar biaya kirimnya lebih murah. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan jasa forwarder barang, yaitu dengan mengirim seluruh barang belanjaan anda di satu tempat yang dekat dengan lokasi para penjual, barulah setelah itu semua barang yang telah datang dikemas ulang untuk dikirim menjadi satu dengan tarif yang lebih murah. Biasanya ada pihak di internet yang menawarkan jasa forwarder (terutama di amerika serikat).

Semoga sukses mengirim barang mudah, cepat, murah dan sukses. Terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Menghemat Ongkos Kirim/Biaya Ongkir Murah Transaksi Belanja Online"

Posting Komentar