Tips Cara Memperlancar Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Lainnya

Ada banyak manfaat yang kita peroleh ketika memiliki kemampuan berbicara dalam bahasa asing populer seperti bahasa inggris, bahasa spanyol, bahasa portugis, bahasa mandarin, bahasa perancis, bahasa arab, dan lain sebagainya. Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang sangat disarankan untuk kita kuasai untuk menghadapi era globalisasi. Mampu menguasai bahasa asing bisa menambah nilai plus diri kita sendiri, terutama pada saat melamar pekerjaan.

Fasih berbicara dalam bahasa inggris tidak hanya secara pasif saja, namun juga harus secara aktif berbicara secara langsung menggunakan bahasa inggris. Mungkin akan terasa sangat sulit sekali dalam mempelajari bahasa inggris dan bahasa asing populer lainnya karena dalam kehidupan sehari-hari kita selalu memakai bahasa indonesia atau bahasa daerah. Orang yang lancar bahasa inggris pasif belum tentu secara otomatis akan lancar juga dalam berbahasa inggris aktif. Butuh bakat atau tekad yang keras agar bisa mengusai bahasa inggris ataupun bahasa asing lainnya dengan baik.

Jika kita ingin cepat lancar dalam berbahasa inggris maka ada beberapa hal yang harus kita lakukan :

1. Rajin Berbicara Dengan Diri Sendiri Dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Lainnya

Latih diri kita untuk selalu berpikir dan berbicara sendiri dalam bahasa inggris atau bahasa favorit dunia lainnya untuk memperlancar kemampuan berbahasa asing kita. Dengan terbiasa membuat pertanyaan sendiri dan menjawab sendiri perlahan-lahan akan meningkatkan kelancaran kita dalam berbicara dalam bahasa asing.

2. Rajin Nonton acara tv atau film favorit berbahasa asing tanpa teks bahasa indonesia

Jika kita menonton televisi atau film pilihlah yang tidak ada subtitle dan tidak disuarakan ulang dalam bahasa indonesia. Dengan terbiasa mendengar dan memahami pembicaraan orang dalam kecepatan tinggi perlahan-lahan akan membuat kita nyaman dan paham mendengarkan orang berbicara dalam bahasa asing.

3. Rajin Berinteraksi Melalui Tulisan dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Lainnya

Jika kita ingin meningkatkan skill kita dalam bahasa inggris atau bahasa asing lainnya secara pasif, maka kita harus rajin bergaul dengan komunikasi dalam bahasa asing lewat tulisan. Selain belajar teori bahasa, kita juga perlu terbiasa membaca dan menulis dalam bahasa lain sehingga perlahan-lahan secara bertahap akan meningkatkan kemampuan kita dalam berkomunikasi bahasa asing secara pasif.

4. Rajin Mencari Lawan Bicara Berbahasa Inggris / Bahasa Asing Lainnya

Carilah komunitas atau orang yang juga ingin meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa inggris atau bahasa asing lainnya. Paksakan diri kita untuk berbicara dalam bahasa asing walaupun harus terbata-bata pada awalnya. Mudah-mudahan nantinya pelan-pelan kemampuan kita dalam berinteraksi dengan lawan bicara yang asli dalam bahasa asing akan meningkat. Selamat mencoba, terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Memperlancar Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Lainnya"

Posting Komentar