Tips Cara Mencegah Dan Mengatasi Ruam Popok Bayi Menghindari Infeksi

Arti definisi/pengertian ruam popok adalah istilah umum dari gejala atau tanda merah-merah pada kulit bayi di daerah yang sering tertutup popok dan daerah lipatan kulit lainnya. Warna merah di kulit tersebut merupakan radang/iritasi yang bisa sembuh dengan sendiri atau harus diobati secara serius. Ruam popok bisa juga disebabkan oleh penyebab lain selain pemakaian popok, yaitu bakteri, sifilis, kutu, jamur, dan lain-lain.

Cara Cegah Dan Atasi Ruam Popok Pada Bayi :

1. Jaga daerah popok tetap kering dan bersih dari segala macam kotoran. Kulit yang kotor dan lembab akan mempermudah kuman untuk berkembang biak dan merusak kesehatan si kecil.

2. Segera ganti popok jika si kecil buang air kecil dan buang air besar. Pastikan kulit si dia kering dan tidak ada kotoran yang menempel atau tersisa di sela sela lipatan kulit atau selangkangan.

3. Gunakan tissu basah khusus bayi untuk membuat kulit bayi jadi steril dan bedak bayi untuk membuat kulit buah hati tetap kering.

4. Jangan memakai pospak singkatan dari popok sekali pakai sepanjang hari. Pakai pospak ketika malam hari atau ketika bepergian saja, sisanya gunakan popok kain katun yang tipis yang memudahkan kulit untuk bernapas. Pilih yang dikenal banyak orang, terpercaya, lembut, nyaman dan tidak mengandung toksin. Pakai pospak yang rapi, tidak ketat dan ada ventilasi udara keluar masuk bagian dalam popok sekali pakai buang.

5. Jangan mencuci pakaian dan popok bayi dengan cairan pemutih karena berbahaya untuk kulit dan kesehatan organ tubuh si kecil. Jika perlu gunakan deterjen khusus pakaian bayi agar aman dipakai bagi buah hati kita.

6. Jika ada ruam popok pada kulit bayi balita kita sebaiknya pospak tidak dipakai dulu. Bersihkan kulit bayi dengan air bersih yang tidak dingin mengalir jika buang air. Oleskan salep antijamur khusus bayi hingga ruam popok hilang dan bayi kita kembali sehat normal kembali.

Sekian terima kasih. Jika ada tambahan silahkan beri komentarnya.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Mencegah Dan Mengatasi Ruam Popok Bayi Menghindari Infeksi"

Posting Komentar