Terbaru :
Home » , , , , , » Tips Cara Mencegah/Menghindari Penyadapan Telepon/Handphone yang Menjebak

Tips Cara Mencegah/Menghindari Penyadapan Telepon/Handphone yang Menjebak

Oleh godam64 pada 12 Juli 2012 | 02:22

Dalam kehidupan kita sehari-hari di zaman canggih ini kita terbiasa menggunakan teknologi komunikasi suara jarak jauh dengan telepon kabel maupun telepon genggam tanpa kabel. Rasanya sangat berat sekali untuk tidak membawa handphone ke mana pun kita berada. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari memanfaatkan telepon dalam keseharian kita. Dengan kecanggihan telepon saat ini, kita tidak hanya bisa berbicara secara rahasia dengan seseorang saja, namun bisa ngobrol ramai-ramai lebih dari dua telepon dengan secara konferensi.

Percakapan kita dengan orang lain melalui handphone (ponsel) maupun telepon rumah tidak lagi bisa dilakukan secara rahasia, karena dengan kecanggihan teknologi saat ini banyak orang yang mampu untuk mendengarkan percakapan telepon orang tanpa izin dan bahkan merekamnya. Baik pihak berwenang maupun orang yang berniat jahat bisa saja merekam semua pembicaraan telepon kita sehingga bisa tahu berbagai keburukan kita. Akan sangat tidak menyenangkan sekali ketika pembicaraan rahasia kita yang tidak boleh diketahui orang lain menyebar luas di masyarakat.

Berikut ini adalah beberapa metode cara yang bisa dilakukan agar telepon kita tidak disadap dan tidak menjadi senjata makan tuan bagi diri kita sendiri :

1. Tidak Memakai Handphone dan Telepon Kabel

Kembalilah ke masa lalu dengan saling kunjung-mengunjungi tatap muka langsung untuk melakukan komunikasi antar personal. Atau bisa juga menggunakan berbagai teknik komunikasi tradisional lainnya seperti menggunakan surat yang dikirim oleh kurir yang terpercaya, surat merpati pos, asap, bendera semaphore, kode sandi, dan lain sebagainya. Orang yang ingin menyadap kita akan menemukan kesulitan untuk menyadap kita, dan akan beralih ke meletakkan alat pendengar atau perekam di sekitar kita.

2. Menggunakan Hape dan Alat Komunikasi Lainnya Sebagai Orang Baik

Jadilah orang yang baik dengan tidak membicarakan rencana jahat kita, kelakuan jahat kita, kejelekan orang lain, dan informasi sensitif serta rahasia lainnya. Dengan selalu menjaga lisan kita dari berbagai hal-hal buruk dapat menyelamatkan diri kita dari bahaya dunia maupun bahaya di alam akherat kelak. Setiap ucapan kita nantinya akan kita pertanggungjawabkan di hadapan Tuhan.

3. Menggunakan Bahasa Ciptaan Sendiri

Agar orang lain yang melakukan penyadapan tidak mengerti isi dari hal-hal yang dibicarakan, maka gunakanlah bahasa ciptaan anda sendiri yang sulit untuk diterjemahkan oleh orang yang tidak mengetahuinya. Bahasa yang unik yang hanya diketahui kelompok kita saja akan sangat mempersulit para pelaku penyadapan telepon untuk mencari apa yang mereka cari.

4. Sama-Sama Memakai Handphone dan Nomor Perdana Baru

Untuk mempersulit gerak pelaku penyadapan dalam melacak kita, kita bisa menggunakan handphone baru dengan nomor telepon prabayar baru yang didaftarkan dengan identitas orang lain. Tidak hanya di sisi kita saja, namun juga di sisi lawan bicara kita juga harus sama-sama menggunakan telepon seluler dan nomor perdana simcard baru. Jika hanya dari sisi kita saja dikhawatirkan mudah dilacak karena nomor lawan bicara kita juga dijadikan korban penyadapan telepon.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Jaringan Ilmu Pengetahuan : Situs Web Inggris | Situs Web Indonesia | Toko Online
Hak Cipta / Copyright © 2005-2014 godam64 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Powered by Blogger