Tips Cara Memetik/Mengambil/Memanen Buah dari Atas Pohon yang Tinggi

Menikmati buah-buahan segar yang dipetik langsung dari kebun memang sangat mengasyikkan. Apalagi jika kebun buahnya adalah kebun buah milik sendiri sudah pasti akan sangat menyenangkan. Namun dibalik hasil panen yang melimpah ruah tersebut terdapat tantangan yang harus ditaklukkan apabila buah yang ingin diambil terdapat di ketinggian yang signifikan. Jika buah yang ingin dipanen tidak terjangkau oleh tangan kosong, maka kita membutuhkan alat bantu atau tenaga bantuan agar bisa mendapatkan buah dari atas pohon.

Buah yang sudah masak/matang sebaiknya segera dipetik agar tidak busuk sehingga tidak bisa kita makan. Jika kita tidak menyukai buahnya berikan saja kepada orang lain yang mau daripada mubazir terbuang percuma begitu saja. Agar tidak diganggu hama perusak buah sebaiknya buah yang masih muda dibungkus rapat agar tidak ada hewan/binatang yang masuk untuk memakan, merusak, meletakkan telur, menginfeksi bakteri/virus, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa cara mengambil, memetik, memanen buah dari atas pohon yang tinggi :

1. Memanjat Pohon dan Memetik Buahnya

Jika mudah dipetik sendiri lebih baik panjat sajat pohonnya sendiri atau orang lain yang mampu. Jika tidak pandai memanjat pohon sebiknya gunakan cara yang lain karena cara ini memiliki resiko fatal jatuh dari atas pohon yang dapat membuat tubuh kita terluka atau bahkan bisa meninggal dunia.

2. Menggunakan Galah / Tongkat Panjang

Pakai saja batang kayu, batang pipa peralon, batang besi, dan lain sebagainya yang panjang dan bisa menjangkau buah-buah yang menjadi target incaran. Di ujung galah bisa diletakkan alat tambahan seperti pemotong, penjepit, pencengkram, penusuk, dan lain sebagainya yang telah disesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan. Dengan demikian tanpa memanjat pohon pun kita bisa menjangkau buah yang ingin dipetik dengan mudah dan cepat.

3. Melempar Dengan Benda-Benda

Jika tidak ada galah kita masih bisa menggunakan cara yang lain, yaitu dengan cara menimpuki buah terincar dengan benda-benda yang bisa dipakai untuk menimpuk seperti batu, potongan kayu, sendal, sepatu, handphone, dan lain sebagainya. Jangan menggunakan barang berharga untuk melempari buah karena bisa nyangkut atau hilang entah di mana.

4. Memakai Tangga

Jika ada tangga yang tinggi yang dapat menjangkau buah dengan mudah maka kita bisa menggunakannya untuk memetik buah. Gunakan tangga segitiga yang seimbang dan kuat menopang tubuh kita selama memetik buah dari atas tangga. Jangan terlalu bernafsu mengambil buah matang nan ranum di tempat-tempat yang sulit terjangkau, karena bisa jatuh jika tiba-tiba kehilangan keseimbangan. Gunakan alat bantu pemetik buah seperti galah untuk mengambilnya.

5. Memerintahkan Binatang Peliharaan

Ada binatang yang bisa kita latih untuk disuruh mengambil buah di atas pohon. Monyet yang telah dibekali keterampilan memanjat dan memetik buah dapat kita berdayakan untuk memanen buah yang ada di atas pohon yang tinggi yang sulit untuk kita jangkau. Mungkin memanfaatkan tenaga monyet pemetik buah yang telah terlatih dengan baik adalah cara yang paling baik untuk memetik buah dari pohon yang tinggi.

Apabila ada tambahan mengenai cara memetik buah, kami persilahkan menambahkannya melakui kolom komentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Memetik/Mengambil/Memanen Buah dari Atas Pohon yang Tinggi"

Posting Komentar