Tips Cara Mengatasi/Memperbaiki Genteng Atap yang Bocor Air

Setiap rumah biasanya pernah mengalami kebocoran air pada saat hujan.  Ketika bocor, maka air akan dengan leluasa masuk ke dalam rumah dan menggangu aktivitas para penghuni rumah.  Bocor yang kecil lama-lama bisa menjadi besar apabila tidak segera diatasi dengan cara yang tepat.  Dalam membetulkan genteng yang bocor kita bisa memanggil orang yang ahli di bidang genteng bocor atau pun kita kerjakan sendiri.  Genteng yang bocor harus segera diperbaiki demi kenyamanan seluruh penghuni rumah beserta para tamu-tamunya.

Beberapa Cara dalam Mengatasi Genteng atau Atap yang Bocor :

1. Lapisan Anti Bocor

Untuk masalah genteng retak sedikit atau berlubang kecil kita dapat memberikan lapisan anti bocor pada genteng tersebut.  Cara menggunakannya mirip seperti mengecat tembok, di mana kita tinggal mengolesi genteng yang bermasalah dengan cairan pelapis anti bocor.  Setelah cairan lapisan anti air tersebut kering, kita tinggal melihat apakah pada saat hujan masih bocor atau tidak.  Jika masih bocor mungkin anda bisa mencoba cara yang lainnya.

2. Perbaiki atau Ganti Genteng

Apabila setelah diteliti ternyata ada genteng yang tidak beres seperti bergeser, hilang atau pecah maka solusi yang paling tepat adalah melakukan penggantian genteng untuk genteng yang pecah atau hilang dan melakukan penataan ulang untuk genteng-genteng yang berubah posisi tidak semestinya.  Gantilah genteng dengan genteng yang sejenis agar nantinya tidak belang-belang dengan genteng yang sudah ada.

3. Lapisan Karpet Anti Air

Pada masalah atap bocor yang tidak diketahui sebab-musababnya maka kita bisa menggelar karpet khusus yang bisa digunakan untuk lapisan atap rumah.  Gelar saja karpet di atas rumah untuk mengalasi genteng yang sudah ada sehingga air cucuran atap tidak dapat menembus sela-sela genteng lagi.

4. Perbaiki Talang Air dan Pipa Pembuangan

Bukan hal yang tidak mungkin penyebab bocor adalah talang air yang gagal menjalankan fungsinya.  Bisa saja bocor disebabkan oleh talang air yang mampet, pecah, rusak, kemiringan yang salah, atau ukurannya yang terlalu kecil sehingga tidak mampu menampung debit air yang besar saat hujan deras melanda.  Bisa jadi pula disebabkan oleh pipa pembuangan yang kurang besar sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan air di talang air.

5. Rombak Ulang Atap

Desain rumah yang tidak tepat bisa menyebabkan terjadinya atap bocor.  Berbagai faktor penyebab seperti kemiringan atap yang tidak tepat, bentuk atap yang tidak proporsional, kurangnya saluran pembuangan air, dan lain sebagainya dapat membuat atap menjadi bocor ketika turun hujan.  Mau tidak mau rumah yang salah desain sejak awal harus diperbaiki atau disempurnakan agar tidak bocor lagi.

Semoga tips yang sederhana ini dapat membawa manfaat dan kebaikan bagi kita semua, amin dan terima kasih atas kunjungan anda,

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Mengatasi/Memperbaiki Genteng Atap yang Bocor Air"

Posting Komentar