Daftar Prioritas Tamu Undangan Pada Acara Pesta, Resepsi, Syukuran, Dll

Ketika kita hendak mengadakan suatu acara yang mengundang orang banyak, kita biasanya akan dihadapkan pada masalah daftar tamu yang diundang.  Jika acara yang diadakan berskala besar, maka masalah ini mungkin dapat diatasi dengan mudah.  Namun apabila jumlah tamu yang diundang dibatasi, maka harus ada suatu skala prioritas yang menetapkan siapa saja yang akan diundang dan siapa saja yang tidak diundang pada acara tersebut.

Daftar tamu yang diundang harus disesuaikan dengan acara yang akan diadakan.  Tamu yang diundang pada acara resepsi pernikahan sudah pasti berbeda dengan tamu yang diundang pada acara halal bihalal.  Jangan sampai salah dalam mengundang orang-orang untuk hadir dalam acara kita, karena jika salah mengundang, kemungkinan akan menyebabkan gangguan hubungan antara kita dengan orang yang salah diundang tersebut.  Sebelum mengundang konsultasikan terlebih dahulu dengan anggota keluarga lain agar tidak terjadi salah persepsi maupun salah pengertian.

Daftar Skala Prioritas Orang yang Diundang Pada Acara yang Kita Adakan :

1. Keluarga Dekat
2. Tetangga Sekitar Tempat Tinggal
3. Teman-Teman Dekat
4. Keluarga Besar
5. Teman-Teman Biasa
6. Teman Kantor atau Teman Sekolah / Kuliah
7. Tetangga Jauh
8. Teman-Teman Lama
9. Lain-lain

Dari semua daftar tamu undangan yang diundang pada suatu acara yang kita adakan dapat dihitung kira-kira berapa persen tamu yang tidak hadir.  Dari tamu yang kita perkirakan tidak hadir itulah kita dapat membuat daftar tamu tambahan yang akan kita undang juga.  Tamu-tamu yang kita perkirakan tidak hadir pun juga sebaiknya tetap diundang sebagai bentuk penghormatan kita kepada orang tersebut serta untuk menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang kita undang.  Hindari mengundang orang-orang secara pilih kasih atau berdasarkan suku, ras, agama, dan lain sebagainya kecuali memang acara khusus yang dikhususkan untuk tamu tertentu saja.  Mudah-mudahan dengan membuat daftar tamu undangan yang tepat kita dapat meningkatkan hubungan baik dengan orang-orang yang kita undang tersebut.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Daftar Prioritas Tamu Undangan Pada Acara Pesta, Resepsi, Syukuran, Dll"

Posting Komentar