Tips Cara Mengawetkan Bumbu Masakan Basah Agar Awet Disimpan Tahan Lama

Bumbu-bumbu masak segar tidak semuanya bisa disimpan lama begitu saja setelah dipanen atau setelah dibeli dari pasar. Ada trik khusus yang harus dilakukan jika ingin menyimpannya dalam jangka waktu yang cukup lama dan kondisinya bisa tetap segar terawetkan. Cara pengawetan sederhana ini bisa mencegah bumbu masak berubah warna, busuk, berjamur, muncul ulat atau serangga, dan lain-lain.

Sebaiknya awetkan dalam jumlah banyak agar tidak sering-sering melakukan teknik pengawetan yang cukup melelahkan. Menyimpan bumbu kering juga tidak boleh sembarangan, yaitu dimasukkan ke dalam wadah berbahan plastik atau kaca yang bersih, kering, kedap udara dan rapat. Jika bumbu disimpan di tempat yang tidak baik, maka kemungkinan besar bumbu tidak akan bisa bertahan lama.

Teknik pengawetan dengan menjemur di bawah sinar matahari selama satu hari penuh cocok untuk rempah-rempah seperti bunga pala, biji pala, kayu manis, pekak, cengkeh, dan lain-lain. Sedangkan cara mengawetkan dengan sangrai selama 30 menit di atas api kecil cocok untuk bumbu seperti kemiri, ketumbar, kapulaga, adas, jinten, lada, dan lain sebagainya. Selamat mencoba mengawetkan bumbu masakan anda supaya bisa awet tahan lama.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Mengawetkan Bumbu Masakan Basah Agar Awet Disimpan Tahan Lama"

Posting Komentar