Tips Cara Menghancurkan Berkas Dokumen Rahasia Yang Mudah, Aman, Murah & Cepat

Jika di kantor atau di rumah ada banyak arsip dokumen yang bersifat rahasia dan ingin anda buang atau hilangkan agar tidak ada barang bukti di kemudian hari, anda mau tidak mau harus menghancurkannya. Akan sungguh sangat berbahaya apabila dokumen rahasia anda jatuh ke tangan orang lain maka keselamatan anda, bisnis atau urusan anda bisa terancam. Jangan teledor dalam memusnahkan berkas-berkas rahasia dan usahakan tidak meninggalkan jejak yang dapat ditelusuri.

Berikut ini adalah beberapa cara yang anda dapat lalukan untuk menghancurkan / memusnahkan berkas, dokumen, arsip, yang bersifat rahasia secara mudah, cepat, murah dan aman :

1. Dibakar

Bakar saja semua barang-barang yang ingin anda ingin tiadakan dengan sulutan api. Tentu saja anda harus memilih lokasi yang tepat agar tidak menimbulkan kecurigaan ataupun gangguan terhadap orang lain di sekitarnya. Cara ini dapat menimbulkan polusi asap yang cukup banyak sehingga dapat mencemari lingkungan.

2. Dijadikan Bubur Kertas

Anda bisa merendam kertas-kertas berkas dokumen rahasia anda dengan air lalu setelah kertasnya lapuk maka anda dapat mengaduk-aduk kertas tersebut agar hancur menjadi bubur kertas. Setelah itu anda dapat membuat kertas daur ulang untuk kemudian dijadikan uang tambahan.

3. Dipotong-Potong

Gunakan alat penghancur kertas untuk menghancurkan kertasnya. Ada mesin penghancur kertas yang dapat menghancurkan kertasnya sampai menjadi sepihan-serpihan kecil dan ada juga yang hanya membentuk potongan-potongan seperti mie yang masih dapat terbaca jika disusun orang yang ahli. Potongan yang berbentuk mie masih bisa dihancurkan kembali dengan memasukkannya ke dalam mesin hingga tidak berbentuk.

4. Disobek-Sobek

Cara ini adalah cara yang paling tidak aman karena sobekan-sobekan kertas masih bisa disusun kembali oleh ahlinya kecuali anda robek hingga sangat kecil ukuran hurup-perhurup. Cara ini adalah cara yang paling melelahkan karena akan menguras tenaga anda.

Selamat mencoba semoga tulisan artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Artikel Terkait :

0 Respon Pada "Tips Cara Menghancurkan Berkas Dokumen Rahasia Yang Mudah, Aman, Murah & Cepat"

Posting Komentar